Kim Jong Un dan Trump Bertemu di Pulau Sentosa, Ini Yang Dibahas

0
314

LIPUTAN15.COM–Pertemuan bersejarah antara Pemimpin Korea Utara┬áKim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan terjadi di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6), seperti dilansir dari CNNindonesia.com

Dalam lanjutan sesi bilateral antara kedua pemimpin negara, Kim mengatakan dirinya meyakini pertemuan dengan Trump merupakan “awal yang sangat baik menuju perdamaian.”

Pernyataan dengan nada yang sama juga disampaikan Kim saat dia pertama kali bertemu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di zona demiliterisasi yang memisahkan negaranya.

Saat itu, Korut dan Korsel berakhir sepakat memulai proses perdamaian utuh, mengakhiri perang yang hanya dijeda dengan gencatan senjata pada 1953 silam.

Sementara itu, pertemuan Trump dan Kim diperkirakan berfokus pada upaya denuklirisasi kawasan. Menanggapi pernyataan Kim di sela pertemuannya, Trump mengamini. “Saya juga,” katanya.

Kemudian Kim melanjutkan: “Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, orang lain sejauh ini belum ada yang bisa mencoba.”

“Tentu saja akan ada kesulitan di sepanjang perjalanan, tapi hari ini, di awal yang baik, saya bertekad memulai usaha besar bersama-sama,” kata Kim.

Hubungan Korut dan AS sempat memanas sepanjang 2017 lalu, ketika Korut terus melakukan uji coba rudal dan nuklirnya. Kim dan Trump kerap silih melontarkan hinaan hingga ancaman perang.

Di saat yang sama, Korea Selatan dipimpin Presiden Moon Jae-in yang lebih mengedepankan pendekatan lunak terhadap negara tetangganya. Secara resmi, dua Korea masih berstatus musuh perang.

Keinginan Moon disambut perubahan mendadak Kim yang pada pidato akhir tahunnya menyatakan ingin memperbaiki hubungan dengan Korsel. Setelah itu, kedua negara sepakat memulai proses damai dan berdialog dengan pihak AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here