Brasil Kehilangan Sihir, Tak Mampu Kalahkan Swiss

0
426

LIPUTAN15.COM–Brasil sebagai tim unggulan kehilangan sihir. Sebab tak mampuh mengalahkan Timnas Swiss.

Timnas Brasil hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Swiss pada laga Grup E Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Rusia, Senin (18/6) dini hari. Seperti dikutip dari CNNIndonesia.com

Brasil sempat unggul lebih dulu lewat gol Philippe Coutinho di babak pertama. Namun, sundulan Steven Zuber lima menit babak kedua berjalan membuat Brasil gagal mendapatkan poin penuh.

Brasil menekan pertahanan Swiss sejak menit awal pertandingan. Tim asuhan Tite itu tidak memberikan kesempatan Swiss untuk mengembangkan permainan.

Peluang bersih pertama didapat Brasil lewat Paulinho menit ke-17. Tapi, sontekan pemain Barcelona itu di depan gawang Swiss berhasil ditepis kiper Yann Sommer.

Tekanan Brasil terus terjadi hingga akhirnya gol Philippe Coutinho tercipta pada menit ke-20. Berawal dari umpan silang Marcelo yang gagal dibuang dengan sempurna oleh Steven Zuber, Coutinho melepaskan tendangan melengkung ke pojok kiri gawang tanpa mampu dihentikan Sommer.

Tempo permainan kemudian sedikit menurun setelah menit ke-30. Swiss yang di awal pertandingan terus mendapat tekanan dari Brasil, mulai mampu mendapatkan ritme permainan. Namun, Swiss selalu gagal di sepertiga akhir pertahanan Brasil. Skor 1-0 untuk Brasil bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua Brasil masih kesulitan membongkar pertahanan Swiss. Laga berjalan alot karena Swiss berusaha menurunkan tempo permainan setiap menguasai bola. Sebaliknya, Brasil selalu berusaha tancap gas untuk mencetak gol setiap melakukan penguasaan bola.

Pertandingan babak kedua menjadi lebih menarik setelah Swiss berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-50 melalui sundulan Steven Zuber setelah menerima umpan sepak pojok Xherdan Shaqiri.

Gol Zuber sempat diprotes para pemain Brasil. Zuber dianggap para pemain Selecao melakukan pelanggaran terhadap Miranda sebelum menggetarkan gawang Alisson Becker. Tapi, wasit Cesar Ramos tidak menggubris protes Brasil.

Kedudukan imbang 1-1 membuat Brasil semakin agresif dalam membangun serangan. Tapi, tendangan Coutinho pada menit ke-70 setelah menerima umpan lambung Neymar masih tipis di sisi kanan gawang Sommer.

Tiga menit kemudian giliran Swiss yang memiliki peluang ketika tendangan spekulasi Blerim Dzemaili berhasil ditangkap Alisson.

Swiss pantas berterima kasih kepada kiper Sommer yang melakukan dua penyelamatan penting. Pertama kiper Borussia Moenchengladbach itu dengan tenang menangkap bola sundulan Neymar pada menit ke-87. Tiga menit kemudian Sommer dengan gemilang menepis sundulan Roberto Firmino.

Peluang emas terakhir Brasil terjadi saat injury time babak kedua. Renato Augusto melepaskan tendangan voli di dalam kotak penalti menyusul tendangan bebas Neymar. Bola mengarah ke gawang Swiss dan kiper Sommer sudah mati langkah. Tapi, bola berhasil di blok Fabian Schaer sebelum masuk ke gawang. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here