Mbappe Jadi Pahlawan Prancis, Tundukan Peru

0
325

LIPUTAN15.COM –Timnas Prancis memastikan lolos ke 16 besar, setelah mengalahkan Peru 1-0, di Ekaterinburg Arena, Kamis (21/6). Seperti dilansir CNNIndonesia.com

Prancis menunjukkan determinasinya atas Peru sejak menit awal permainan. Serangan dari Antoine Griezmann, Paul Pogba, hingga bek Raphael Varane mengalir ke pertahanan Peru.

Atraktifnya permainan Les Bleus tidak terlepas dari perubahan strategi pelatih Didier Deschamps. Olivier Giroud dimainkan sejak menit awal dan menggeser Griezmann berada di belakang striker.

Kengototan Prancis untuk meraih kemenangan tersebut sangat terasa hingga pertengahan babak pertama. Namun, lini belakang dan juga kiper Peru Pedro Gallese mampu membuat serangan Prancis redup.

Sampai akhirnya penyerang muda Prancis Kyilian Mbappe menggetarkan gawang Peru pada menit ke-34. Mbappe membobol gawang Gallese memanfaatkan bola liar hasil tendangan Olivier Giroud yang diblok bek Peru.

Gol tersebut merupakan yang kelima bagi Mbappe bersama timnas senior Prancis. Sekaligus menjadikan Mbappe pemain muda Prancis yang mencetak gol di Piala Dunia dan ajang resmi dengan usia 19 tahun 183 hari.

Sebelumnya rekor pencetak gol termuda Prancis dipegang David Trezeguet di Piala Dunia 1998 saat mengalahkan Arab Saudi 2-0.

Sayangnya, dominasi serangan Prancis di babak pertama bertolak belakang dengan yang terjadi di babak kedua. Pada 45 menit kedua justru Peru yang mengendalikan permainan.

Masuknya pemain senior Jefferson Farfan di awal babak kedua membuat alur serangan Peru kian bervariasi. Penguasaan bola mutlak milik Peru dengan 56 persen, Prancis hanya 44 persen. Les Bleus seperti kehabisan bensis di babak kedua.

Di babak kedua La Blanquirroja, julukan Peru, memiliki enam tembakan ke gawang Prancis dengan satu di antaranya tepat sasaran. Sementara Prancis hanya melepaskan satu tembakan ke gawang lawan.

Satu-satunya hal logis untuk kondisi ini Prancis ingin menyimpan tenaga mereka untuk pertandingan terakhir melawan Denmark pada Selasa (26/6). Laga itu bisa menjadi penentuan juara dan runner up Grup C. Prancis hanya perlu menghindari kekalahan dari Denmark untuk menjadi juara grup.

Jika Prancis ingin melangkah jauh di Piala Dunia 2018, menghindari pertemuan dengan Brasil di 16 besar menjadi salah satu strategi. Meskipun, nasib Brasil sendiri untuk lolos ke babak gugur belum jelas usai ditahan imbang Swis 1-1 di laga pertama.

Upaya menghindari Brasil itu bisa dimulai di pertandingan terakhir melawan Denmark nanti. Apabila Hugo Lloris dan kawan-kawan benar-benar ingin menghindari Brasil

Sayang, serangan bertubi-tubi yang dilakukan Peru di babak kedua tidak mengubah hasil. Rapi dan disiplinnya lini belakang Prancis membuat Tim Ayam Jantan menang dengan skor 1-0.

Kekalahan itu menjadi yang kedelapan bagi Peru tanpa kemenangan di Piala Dunia, dengan dua kali imbang dan enam kekalahan.

Bagi Prancis, kemenangan atas Peru merupakan yang ketujuh tidak kebobolan dari tim asal Amerika Selatan di Piala Dunia.

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here