Swiss Peluang Lolos 16 Besar, Setelah Menaklukan Serbia

0
317

LIPUTAN15.COM– Timnas Swiss berpeluang lolos 16 besar.  Setelah meraih kemenangan di Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Serbia dengan skor 2-1, dalam lanjutan laga Grup E di Stadion Jumat (23/6). Seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Serbia memiliki kepercayaan diri yang lebih baik saat menghadapi Swiss berbekal kemenangan 1-0 atas Kosta Rika di laga sebelumnya. Dengan motivasi tersebut Serbia mampu menekan Swiss sejak menit awal.

Striker Serbia Aleksandar Mitrovic yang membuang banyak peluang saat melawan Kosta Rika menciptakan kesempatan pertama untuk membawa timnya unggul. Hanya saja, sundulan Mitrovic pada menit kelima masih bisa diblok kiper Yann Sommer.

Namun permainan belum berhenti. Bola masih dikuasai Serbia yang berada di zona pertahanan Swiss setelah Steven Zuber melakukan blunder. Memanfaatkan kesalahan Zuber, Dusan tadic melepaskan umpan lambung ke kotak penalti Swiss dari sisi kanan.

Mitrovic yang berada di depan gawang lawan langsung menyundul bola tersebut ke sisi kanan gawang dan tidak bisa dijangkau oleh Sommer. Serbia pun unggul 1-0 berkat gol cepat Mitrovic pada menit kelima.

Serbia sempat memiliki peluang mencetak gol pada menit ke-14, namun sundulan Milonkovic-Savic masih melebar. Swiss sendiri sebenarnya lebih menguasai jalannya pertandingan. Namun tidak banyak peluang gol atau tembakan tepat sasaran yang dilepaskan Swiss.

Beberapa kali Swiss mencoba membongkar pertahanan Serbia dan menyamakan kedudukan. Hanya saja upaya dari Xherdan Shaqiri dan Fabian Schar belum juga membuahkan hasil.

Di awal babak kedua Swiss terus mengurung pertahanan Serbia. Tetapi pertahanan solid Serbia masih cukup kokoh untuk bisa ditembus gempuran Swiss. Dalam kesempatan ini Swiss kurang memanfaatkan serangan dari kedua sayap untuk bisa membongkar pertahanan Serbia.

Pada menit ke-52 Swiss bisa menyamakan kedudukan melalui gol spaktakuler Granit Xhaka. Gelandang Arsenal itu mencetak gol dengan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Gol Xhaka terjadi karena kemelut di depan gawang Serbia. Setelah tendangan keras kaki kiri Xherdan Shaqiri diblok Aleksandar Kolarov, bola liar di depan kotak penalti Serbia langsung disambut tendangan keras Xhaka. Sepakan Xhaka membuat bola berputar yang akhirnya hanya membuat kiper Vladimir Stojkovic terpana.

Pada menit ke-58 Swiss kembali nyaris mencetak gol. Sayangnya tendangan Xherdan Shaqiri di dalam kotak penalti sebelah kanan membentur mistar gawang Serbia.

Gol kemenangan Swiss terjadi pada menit-menit akhir. Shaqiri menjadi pahlawan kemenangan timnya usai membobol gawang Serbia pada menit ke-90.

Tiga poin yang diraih Swiss membuat tim berjuluk Nati berada di posisi kedua klasemen sementara Grup E dengan empat poin, sama dengan yang dimiliki pemuncak klasemen Brasil. Persaingan menuju babak gugur di grup ini makin seru dan akan ditentukan pada matchday terakhir.

Susunan Pemain

Serbia: Vladimir Stojkovic; Branislav Ivanovic, Nikola Milenkovic, Dusko Tosic, Aleksandar Kolarov; Dusan Tadic, Luka Milivojevic, Sergej Milinkovic-Savic, Nemanja Matic, Filip Kostic; Aleksandar Mitrovic.

Swiss: Yann Sommer; Stephan Lichtsteiner, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Xherdan Shaqiri, Valon Behrami, Blerim Dzemaili, Granit Xhaka, Steven Zuber; Haris Seferovic.

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here