Belgia Layak Disebut Tim Juara, Setelah Taklukan Brasil 2-1

0
382

LIPUTAN15.COM — Belgia berhasil membuktikan diri sebagai yang terkuat di Piala Dunia. Timnas Belgia menang 2-1 atas Brasil di pertandingan perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Sabtu (7/7) dini hari. Dikutip dari CNNIndonesia.com.

Pelatih Belgia Roberto Martinez melakukan perubahan dalam starter dengan memainkan Nacer Chadli, pahlawan kemenangan atas Jepang di babak 16 besar.

Sementara Brasil yang tanpa Casemiro karena akumulasi kartu kuning menurunkan Fernandinho. Marcelo yang awalnya diragukan tampil juga dimainkan. Duel tim bertabur bintang ini langsung sengit sejak awal. Penyerang sayap Belgia Kevin De Bruyne menciptakan peluang pertama untuk timnya, namun gagal.

Brasil juga sempat memberikan ancaman untuk pertahanan Belgia. Sontekan Thiago Silva memanfaatkan sepak pojok Neymar pada menit kedelapan membentur tiang gawang. Belgia akhirnya bisa memecah kebuntuan untuk unggul lebih dulu pada menit ke-13.

Sepak pojok Nacer Chadli salah diantisipasi Fernandinho. Bola yang mengenai lengan Fernandinho justru masuk ke gawang Alisson. Pada menit ke-31 Belgia menambah keunggulan melalui tendangan De Bruyne.

Memanfaatkan serangan balik, Romelu Lukaku yang mendapat bola melakukan solo run hingga area Brasil. Lukaku pun langsung mengoper bola kepada De Bruyne yang bebas di sisi kanan. Tanpa kompromi, pemain Manchester City itu langsung melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti ke sisi kanan gawang yang tidak bisa dijangkau Alisson Becker. Renato Augusto memberikan harapan untuk Brasil setelah golnya memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Tertinggal dua gol membuat Brasil langsung mengurung pertahanan Belgia di babak kedua. Hanya saja upaya tersebut belum membuahkan hasil. Lini belakang Belgia masih cukup tangguh menghalau serbuan Brasil. Tekanan juara dunia lima kali itu membuat Roberto Firmino yang masuk di babak kedua nyaris memperkecil kedudukan lantaran terlambat menyambut umpan Marcelo pada menit ke-51.

Brasil juga tidak mendapat penalti setelah Gabriel Jesus dijatuhkan Vincent Kompany pada menit ke-55. Setelah melihat VAR, wasit memutuskan tidak memberikan penalti untuk Brasil. Tidak ingin terlena, Belgia berupaya menambah keunggulan. Hanya saja tendangan Eden Hazard pada menit ke-62 melenceng tipis di kiri gawang Alisson.

Brasil akhirnya sukses memperkecil kedudukan melalui pemain pengganti Renato Augusto pada menit ke-76. Augusto mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan umpan Philippe Coutinho. Meski sempat memiliki beberapa peluang mencetakl gol, Brasil tidak juga mampu menyamakan kedudukan. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, skor tetap 2-1 untuk kemenangan Belgia. Di babak semifinal yang digelar di Stadion St. Petersburg, Rabu (11/7) dini hari, Belgia akan menghadapi Prancis yang mengalahkan Uruguay 2-0.

Susunan Pemain Brasil: Alisson Becker; Fagner Lemos, Thiago Silva, Joao Miranda, Marcelo; Paulinho, Fernandinho, Philippe Coutinho; Willian Borges, Gabriel Jesus, Neymar.

Belgia: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Thimas Meunier, Axel Witsel, Marouane Fellaini, Nacer Chadli; Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Eden Hazard.

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here