Roger Federer Ada Andil Dibalik Kesuksesan Ronaldo

0
447

LIPUTAN15.COM– Pemain Juventus  Cristiano Ronaldo merupakan pemain terukses. Peran petenis Roger Federer disebut-sebut berada di balik kesuksesan Mega Bintang Cristiano Ronaldo.

Sejak meniti karier profesional pada 2002, Cristiano Ronaldo sudah mengoleksi 28 trofi di level klub dan timnas, ditambah lima gelar Ballon d’Or.

Tidak ada yang membantah jika keberhasilan pemain berjuluk CR7 itu sebagai pesepakbola bermula dari Manchester United, ketika Sir Alex Ferguson merekrutnya dari Sporting Lisbon pada Agustus 2003.

Asisten Alex Ferguson yang merupakan pelatih tim utama Man United saat itu, Rene Maulensteen, mengaku merasa beruntung bisa memiliki hubungan dengan Cristiano Ronaldo.

Secara terang-terangan Meulensteen mengatakan tidak suka dengan sikap Ronaldo saat tiba di Old Trafford, dan petenis asal Swiss, Roger Federer, adalah sosok yang mengubah bintang baru Juventus tersebut.

“Dia [Ronaldo] sering mengeluh setelah pelanggaran, jadi suatu hari saya bertanya kepadanya: ‘Cristiano. Apa kamu menyukai tenis?’ Dia menyukainya: ‘Tentu saja, saya suka tenis. Saya suka Federer.'” ujar Meulensteen kepada Gazzetta dello Sport dikutip dari Tennis Wolrd USA dan dikutip lagi dari CNNIndonesia.com.

“Lalu saya katakan: “Mulailah bermain seperti Federer, yang bisa mengontrol emosi. Jika mereka melihat kamu tidak bereaksi terhadap pelanggaran, pemain belakang akan kehilangan kepercayaan diri.” Dia mengerti itu dengan cepat,” Meulensteen menambahkan.

Meski sudah lama tidak ‘bersentuhan’ lagi dengan Cristiano Ronaldo, Meulensteen yakin pemain 33 tahun itu siap untuk tantangan baru.

“Saya tidak lagi mendengarnya untuk waktu yang lama, tapi saya tahu dia akan 100 persen fokus. Fan tidak perlu khawatir. Cristiano pemimpin yang baik, terkadang dia memiliki beban dari Portugal di pundaknya,” kata  Meulensteen.

Saat masih di Man United, Meulensteen kerap menjadikan video permainan Roger Federer sebagai rujukan untuk skuat Setan Merah. Selain piawai mengatur emosi, Federer selalu bisa memenangi pertandingan. (end)

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here