Empat Siswa Perbatasan Wakili Indonesia Ikut Olimpiade Matematika di Singapore

0
4184

LIPUTAN15–Mengenyam pendidikan di daerah perbatasan dengan fasilitas penunjang yang tidak sama dan lebih minim dibandingkan daerah yang bukan perbatasan, tidak membuat siswa – siswi Sekolah Dasar (SD) Sekolah Lentera Harapan (SLH) tidak bisa dipandang sebelah mata.

Terbukti, SLH sekolah yang hadir sejak 2016 dibawa naungan Yayasan Pelita Harapan (PH) ini langsung menoreh prestasi yang membanggakan secara nasional, di mana empat orang siswanya meraih medali perunggu olimpiade matematika yang digelar di Manado tepatnya di sekolah Manado Indepent School (MIS). “Mereka menyingkirkan ribuan siswa lainnya dari seluruh Indonesia serta berhak mewakili Indonesia bersama peraih medali emas dan perak lainnya dari tanah air untuk mengikuti olimpiade matematika tingkat Asia di Singapore pada Januari 2019 mendatang,” ujar Laurance A Diamanis selaku Admin Kepsek kepada Liputan15.com Kamis (01/11/18).

Dia menceritakan, sebelumnya pihak SLH mendapat undangan dari penyelenggara olimpiade matematika atau Southeast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) yang berkedudukan di Singapore melalui kantor Perwakilan Indonesia di Slipi Jakarta Barat. “Undangan itu untuk mengikuti olimpiade matematika tingkat nasional (Indonesia) yang diselenggarakan di Manado Sulawesi Utara,” ucap Diamanis

Diamanis juga menambakan, berdasarkan undangan tersebut, sehingga Sekolah Dasar SLH Tahuna mengirim 39 orang siswa untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut. “Dari 39 siswa yang diutus 4 siswa berhasil meraih medali perunggu dan berhak ke tingkat Asia mewakili Indonesia di Singapore Januari 2019,” kata¬† Diamanis

Diamanis juga menjelaskan, untuk itu, saat ini mereka melakukan persiapan ekstra dalam mengodok anak – anak ini, baik mempersiapkan materi maupun mental mereka. “Ada jam tambahan pelajaran dan ekstrakurikuler bagi mereka demi hasil yang lebih baik nanti di Singapore,” ungkapnya.

Selain mematangkan, persiapan secara teknis, tentu ada kendala yang dihadapi kedepan terutama masalah dana. “Tapi kami tidak begitu kuatir karna semua pihak mensupport kami baik dari pihak yayasan terlebih pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Bupati Jabes Ezar Gaghana telah memberi dukungan dan respon yang sangat baik demi keberhasilan anak – anak di pentas internasional untuk mengharumkan nama Indonesia terlebih khusus Kabupaten Kepulauan Sangihe semakin dikenal dunia,” pungkasnya. (Arno)

Sementara itu Kepala Sekolah SD SLH Wira Frandez Simarmata meminta doa dukungan dari orang tua murid bahkan masyarakat Sangihe perjuangan 4 orang siswa SD SLH di Singapore nanti bisa mengharumkan nama Indonesia terlebih Kabupaten Sangihe.

Simarmata juga menambakan Saat ini, persiapan selain fokus pada pelajaran matematika kita bekali mereka (siswa) dengan bahasa Inggris agar supaya mereka bisa berkomunikasi dengan baik.tutup Simarmata.

Nama Siswa yang akan mengikuti Olimpiade

– Enchristo Tanogara Salea Siahaan
TTL : Tahuna, 25 Agustus 2011
Kelas : II (Dua)
– Injillia Febrianti Jacob
TTL : Tahuna, 6 Februari 2011
Kelas : II (dua)
– Negara Takarendehang
TTL : Jakarta, 11 November 2009
Kelas : III (Tiga)
– Daniel Glorio Alessandro Maralending
TTL : Tahuna, 28 Maret 2008
Kelas : V (Lima)

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here