Hati-hati Mengkonsumsi Kelalawar Karena Pembawa Penyakit

0
283

LIPUTAN15– Warning bagi masyarakat yang suka mengkonsumsi Kelalawar. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono mengatakan, kelelawar memiliki potensi penyebaran penyakit yang belum pernah terdeteksi sebelumnya di Indonesia.

“Indonesia itu daerah migrasi burung, kemarin di dalam riset yang dilakukan oleh badan Litbang ternyata ada kelelawar yang sudah menjadi sumber penyakit tertentu yang sebelumnya tidak disebutkan di Indonesia pernah ada,” ujarnya saat ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center, Senin (5/11/2018). Dilansir Kompas.com.

Anung menambahkan, meski ancaman penyakit tersebut masih terbatas pada hewan, namun ditakutkan akan menulari manusia jika tidak dilakukan upaya pencegahan.

“Ini masih di hewannya, tapi kita juga tau ada sebagian dari masyarakat kita yang konsumsi dengan berbagai alasan. Nah inilah yang harus kita antisipasi,” katanya.

Meski penyakitnya sendiri belum terdeteksi secara pasti, tetap perlu dilakukan berbagai upaya dari lintas sektor bukan hanya dari Kementrian Kesehatan, namun juga dari kementerian terkait lainnya.

“Kita cerita tentang sesuatu yang saling keterkaitan. Jadi tentu ada hal yang bisa menguatkan dari kapasitas negara itu sendiri,” tutupnya.(end)

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here