Periksa Penggunaan Freon R-12 Cegah Penipisan Lapisan Ozon

0
81

LIPUTAN15–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manado turun memeriksa tokoh kulkas dan Ac serta bengkel servis, untuk mengecek penggunaan freon CFC-12 (R12) yang dapat merusak lapisan ozon.

Kepala DLH Manado Yohanis Waworuntu melalui, Kepala Bidang Penataan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Yuli Karauwan, mengatakan, sebanyak 32 toko dan bengkel servis yang sudah didatangi. Di mana tim memeriksa freon di Kulkas dan AC yang menggunakan freon CFC-12 (R12) yang sangat bebahaya untuk lapisan ozon. “Kami bersyukur semua tokoh dan bengkel servis tahun ini tidak menggunakan R12. Semua menggunakan refrigeran dupont suva atau R410 yang rama lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, kalau hasil pemeriksaan tahun lalu ada ditemukan dua toko yang masih menjual freon R12 yang berbahaya untuk lingkungan. Dia menjelaskan, lapisan ozon penting untuk keberlangsungan hidup manusia. “Kalau lapisan ozon menipis maka bumi akan menjadi panas karena sudah tidak ada penghalang. Makanya kami berusaha agar semua kulkas dan AC tidak menggunakan freon R12,” tandasnya. (end)

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here