Bupati Minsel Ingatkan Kesadaran Membuang Sampah Harus di Mulai Sejak Dini

0
93

Liputan15.com,Minsel-Menghadiri acara Hari Peduli Sampah Nasional yang di selenggarakan di Desa Arakan Kecamatan Tatapaan, Bupati Minahasa Selatan Dr. Christiandy E Paruntu SE turut mengambil bagian, serta turun langsung memungut sampah dengan masyarakat setempat.

Mendampingi Bupati Minsel, Kepala Taman Nasional Bunaken Farianna Prabandari menyampaikan gerakan serentak HPSN ini, sesuai petunjuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

“Sasaran serta harapan kami, adalah kesadaran masyarakat bukan hanya mengumpulkan tapi juga mengelola sampah. Itu menjadi prioritas dari Kementerian LHK yang kami harapkan bisa dimulai dari Desa Arakan ini,” ujarnya sembari membacakan sambutan Menteri LHK Siti Nurbaya, Senin (04/03/19).

Hal senada disampaikan Bupati Tetty. Sambil memungut sampah di lokasi yang tergenang, Bupati mengharapkan kesadaran membuang sampah harus dimulai sejak dini.

“Harus di mulai dari siswa-siswa sekolah. Guru-guru harus terus tanamkan ini supaya tidak ada lagi kumpulan sampah seperti ini. Kalau begini jorok sekali, bakal timbul banyak penyakit,” ujarnya.

Ditambahkan bupati, penggunaan plastik sekali pakai harus ditiadakan, untuk menindaklanjuti program pusat dan untuk bisa Minsel raih adipura.

“Saya rencana mau anggarkan Minsel untuk semua masyarakat bakal dapatkan tumbler. Dengan begitu semua gunakan itu dan tidak gunakan plastik sekali pakai lagi. Supaya minsel boleh raih target adipura,” tukas bupati yang akrab disapa Tetty itu.

Ditempat yang sama pula Hukum Tua Desa Arakan Musa Budiman mengungkapkan, terkait sampah yang menumpuk di sekitar pemukiman, merupakan sampah bawaan pantai.

“Jadi sebenarnya bukan sampah langsung dari masyarakat. Tapi ketika air pasang, sampah di laut entah dari mana semua, itu masuk ke sini dan naik sampai pemukiman. Ketika surut, sampah dan air mengendap di daratan sehingga terlihat menumpuk. Ini yang sementara kita usahakan menggunakan Dandes untuk lakukan pencegahan dan pengelolaan terkait sampah itu,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam peringatan HPSN di Desa Arakan, Kapolsek Tumpaan, Ketua KONI Minsel James Arthur Kojongian, Adrian Jopie Paruntu dan sejumlah pimpinan SKPD.(Jufan)

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here