Gaghana: Bangun Pariwisata Harus Ada Dukungan Masyarakat

0
60

LIPUTAN15–Launching Calendar Of Event Provinsi Sulawesi Utara tahun 2019, dilaksanakan di gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan dihadiri Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen serta Bupati dan Walikota seprovinsi Sulawesi Utara.

Sekretaris Provinsi dalam Laporanya berterimah kasih kepada Kemnterian pariwisata yang suda mengagendakan acara yang sangat strategis seperti ini.

“Segenap masyarakat Sulaweai Utara menyambut dengan gembira sekaligus menyampaikan ucapan terimah kasih yang tulus Kepada Bapak Menteri Pariwisata dan jajaran yang sudah dapat mengagendakan Launching Calender Of Event Provinsi Sulaweai Utara sebagai Calender of Event Nasional,” ucap Silangen.

Ditambakanya pula pemerintah provinsi dan kabupaten terus bekerja sama mensinergikan program program pariwisata sehingga berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat

“Karena Pariwisata sudah ditetapkan sebagai liding sektor di Indonesia maka kementrian Lembaga serta pemerinta daerah wajib mendukung dengan program program yang sinergis dan bernilai ekonomis tinggi, gunah meraup devisa dan untuk mensejahterakan masyarakat,” jelas Silangen

Semntera itu dalam arahanya Menteri Pariwisata Republik Indoneaia Arief Yahya mengatakan, pemerintah harus mempunyai komitmen dan cara yang strategis serta efisien dalam memajukan pariwisata di daerah masing masing

“untuk memajukan pariwisata ada rumusnya yaitu Kreatifiti velium atau kreatifitas dan ini suda di arakan, musik arnsement tingkat nasional, baju harus desiner tingkat nasional, kerografer juga harus tingkat nasional, dan ini kami sudah lakukan di semua daerah yang masuk ivent nasional karena merupakan intruksi Presiden,”jelasnya.

Ditambahkanya, event yang dilaksanakan harus mampu mengangkat ekonomi perkapita masyarakat, atau event yang dilaksankan berdampak langsung pada perekonomian masyarkat.

“Komersil veliu yaitu disetiap ivent yang dilaksanakan mampu mengangkat perekonomian masyarakat, maka event event liner yang dilaksanakan harus sesuai dengan pendapatan perkapita dan yang terakhir adalah komunikasien feliu, yaitu pendanaannya harus bagus, pembagian harus bagus jangan hanya fokua pada ivennya harus ingat promosinya, karena ivent itu bukan dinikmati sendiri tetpi mengajak orang luar atau turis, “ungkap Yahya

Menteri juga mengingatkan, pentingnya komitmen pemerintah daerah dalam melaksanakan evnt event yang akan mempromosikan pariwisata, karena kalau tidak komitmen maka akan susa untuk berkembang.

“Dan harus mempunyai komitmen, kalau suda ada komitmen pasti akan berjalan lancar, tetapi kalau bupati walikotanya tidak komitmen maka pasti akan menyusakan pihak penyelenggaranya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe mengatakan akan melaksanakan sesuai dengan arahan pak menteri dan yang penting adalah komitmen bersama karena pemerintah tak dapat berjalan tanpa dukungan masyarakat.

“Dalam pengembangan pariwisata kedepan Sangihe akan didukung pemerintah pusat, dan tadi disampaikan pak Menteri harus mempunyai komitmen yang besar dari pemerintah dan masyarakat sehingga pariwisata di sangihe dapat berkembang dan meningkatkan ekonomi masyarakat di sangihe,”jelas Gaghana.

Gaghana juga menambahkan kedepan pelaksanaan event di sangihe akan bekerjasama dengan provinsi dan Kementrian supaya event yang dilaksanakan terasa berbeda dengan evnt event sebelumnya, dan mendapat perhatian dari wisatawan.

Dan melalui Launcing ini kedepan semua kegiatan tentang event pariwisata akan di sinergikan, baik dengan provinsi dan kementerian karena untuk meningkatkan kunjungan turis di Kabupaten Sangihe ditahun 2019, dan sekarang pemerintah Kabupaten Sangihe sementara mempersiapkan persiapan pelaksanaan Festival Pesona Sangihe,” jelasnya.

Ditambahkannya pula kedepan pelaksanaan FPS di Sangihe akan di koordinasikan dengan baik, dengan Provinsi dan Kementrian supaya FPS mampu bersaing dengan Event event lainya diSulut.

“Dengan memperhatikan arahan pak menteri tadi, maka dalam pelaksanaan FPS pemda akan berusaha semaksimal mungkin dan semoga kedepan Festival Pesona Sangihe akan masuk dalam Agenda,” tutup Gaghana. (Arno)

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here