Bulan Mei Ini, 87 Kelurahan Se Kota Manado Bakal Kecipratan Anggaran Sebesar 370 Juta

0
219

MANADO — Sebanyak 87 kelurahan di Kota Manado, dipastikan akan kecipratan dana ratusan juta rupiah dalam kurun waktu dekat ini.

Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Manado, Johnly E Tamaka menyebutkan, dana tersebut akan dikucurkan paling lambat Mei ini.

“Sesuai informasi yang beredar, dana kelurahan tahap satu paling lambat akan digelontorkan pada bulan Mei ini. Dan untuk Kota Manado, totalnya kurang lebih tiga puluh dua (Rp32) miliar,” ujarnya. (6/5/2019)

Disampaikannya, dana tersebut sudah ada di kas daerah, tinggal menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Kementerian agar nantinya tidak tercampur dengan alokasi Dana Alokasi Umum (DAU) lain. Tamaka menjelaskan, dana tersebut akan disalurkan ke masing-masing kecamatan.

“Nanti dari kecamatan baru diturunkan ke setiap kelurahan, sesuai dengan Pokja (Kelompok Kerja) yang sudah terbentuk dan tiap kelurahan mendapat pembagian yang sama yaitu kurang lebih tiga ratus tujuh puluh (Rp370) juta per kelurahan, untuk satu semester,” ucap kaban.

Dijelaskannya, dana tersebut akan digunakan untuk membangun sarana dan prasarana pelayanan publik serta pemberdayaan masyarakat.

“Soal pemanfaatannya, saya kira tak jauh beda dengan yang dilakukan oleh pemerintah desa lewat alokasi dana desa, yaitu pengembangan infrastruktur serta potensi sumber daya alam yang ada di tiap-tiap kelurahan,” tukasnya. (ky)

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here