Sangihe, Liputan15.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) mengadakan sosialisasi mengenai Transformasi Pelayanan Kesehatan Integrasi Pelayanan Primer pada Selasa (11/06/2024) di Aula Rumah Jabatan Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sangihe, Hanry Pasandaran, menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan transformasi layanan kesehatan primer di tingkat Puskesmas. Sejak tahun 2022, Pemda telah meluncurkan layanan ini yang bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai program pelayanan kesehatan yang sebelumnya berjalan secara terpisah.

“Transformasi ini mengubah pola pelayanan, sehingga kini pelayanan kesehatan ditujukan bagi semua kelompok usia dari bayi baru lahir hingga lanjut usia dalam satu penanganan terintegrasi. Tidak ada lagi pemisahan berdasarkan program seperti sebelumnya,” ujar Pasandaran.

Pasandaran menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan kini mencakup upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dilaksanakan secara komprehensif pada setiap tahapan siklus hidup. “Tenaga kesehatan harus mampu mengelola pelayanan kesehatan yang komprehensif di tingkat keluarga. Ini mencakup semua anggota keluarga, cara mengasuh anak, pengelolaan air bersih, serta pengelolaan limbah cair dan padat,” jelasnya.

Transformasi ini bertujuan untuk mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang belum tercapai hingga saat ini. Diharapkan, dengan pola baru ini, akan muncul Puskesmas Integrasi Layanan Primer (ILP), Pustu ILP, dan Posyandu ILP yang dapat memenuhi target SPM.

Selain itu, Pasandaran juga menjelaskan pentingnya Puskesmas mengelola keuangan dengan metode Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sesuai amanat Permenkes 43 Tahun 2019 dan berbagai aturan perundang-undangan lainnya. “Kami juga mensosialisasikan persyaratan untuk menjadi Puskesmas BLUD,” tambahnya.

Untuk keberhasilan program ini, Pasandaran meminta kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah kecamatan, kampung, dan kelurahan. “Dukungan dari semua pihak sangat diharapkan demi keberhasilan program layanan kesehatan ini,” imbuhnya.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh Camat se-Kabupaten Sangihe, Kepala Puskesmas, dan perwakilan dari dinas teknis lainnya.