Ini Biaya Iron Dome Israel, Tangkis Serangan 1.500 Roket Teroris Hamas

LIPUTAN15–Sistem pertahanan udara Israel yang terbaik di dunia. Tidak ada satu negara di dunia ini yang menerima serangan udara dari organisasi Teroris Hamas 1.500 roket dalam lima hari pada saat hari penting bangsa Israel Yerusalem Day, hanya Israel.

Perang dingin antara Amerika Serikat dan Unisoviet pun tidak pernah keluar roket sebanyak itu hanya dalam waktu singkat. Jangan heran, Israel menggempur organisasi Teroris Hamas tanpa henti, bukan menggempur Palestina.

Bacaan Lainnya

Hanya saja Hamas membuat perisai perlindungan yaitu warga Gaza yang merupakan penduduk Palestina, supaya serangan Israel dikecam sebagai pelanggaran HAM oleh dunia.

Namun Israel memiliki teknologi Iron Dome untuk menghalau roket yang ditembakkan ke wilayahnya. Iron Dome berfungsi melacak dan menghancurkan rudal yang masuk ke dalam jangkauan sistem pertahanan.

Diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk membangun dan mengoperasikan Iron Dome.

Dikutip dari DW, satu rudal pencegat dilaporkan memiliki harga 80 ribu dollar AS atau sekitar Rp 1,14 miliar. Sumber lain melaporkan, harga rudal pencegat Iron Dome mencapai 150 ribu dollar AS atau sekitar Rp 2,15 miliar per buah.

Untuk itu, Iron Dome hanya akan diluncurkan untuk setiap roket Hamas yang dianggap bisa mengarah ke area penduduk atau infrastruktur penting.

Iron Dome memiliki sistem radar yang akan mengabaikan roket, yang diprediksi akan mendarat di tanah kosong. Israel mengklaim tingkat keberhasilan Iron Dome dalam mencegat roket musuh mencapai 90 persen.

Namun, sistem pertahanan ini punya kekurangan dimana Iron Dome diduga memiliki titik jenuh.

Sistem ini dinilai efektif mencegat serangan, tetapi tidak mampu menahan rentetan roket yang bertubi-tubi dalam satu waktu. Serangan simultan terbukti bisa menembus sistem dan menimbulkan kerusakan.

Selain itu, Hamas juga tampaknya sudah mempelajari cara kerja Iron Dome, mereka mulai menembakkan roket secara salvo beruntun dan bersamaan untuk menguji batas maksimal pertahanan iron Dome.

Bahkan, tak jarang Hamas juga meluncurkan roket palsu untuk mengecoh Iron Dome. (Ant)


Pos terkait

YcV7F1.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *