LIPUTAN15.COM MELONGUANE-Pelantikan Pantarlih dan Apel Akbar Coklit Serentak 2024 sukses digelar oleh KPU Talaud pada Senin (24/6/2024). Kegiatan pelantikan dan apel akbar Pantarlih ini diketahui dibagi dalam 14 titik yang tersebar di beberapa kecamatan dan juga lokasi yang telah ditentukan.

Adapun lokasi tersebut diantaranya untuk Kecamatan Melonguane Timur, Kecamatan Melonguane, Kecamatan Beo selatan dilaksanakan di Aula Kantor KPU Talaud. Sementara itu untuk Kecamatan Lirung, Kecamatan Moronge, Kecamatan Salibabu dan Kecamatan Kalongan dilaksanakan di BPU Kecamatan Lirung.

Selanjutnya Kecamatan Nanusa, Kecamatan Miangas, Kecamatan Kabaruan, Kecamatan Damau, Kecamatan Gemeh, Kecamatan Tampan’Amma, Kecamatan Essang, Kecamatan Essang Selatan, Kecamatan Beo Utara, Kecamatam Beo, Kecamatan Rainis dan Kecamatan Pulutan dilaksanakan di masing-masing kecamatan.

Proses pemutakhiran data pemilih ini diawali dengan pelantikan Pantarlih yang berjumlah 289 orang dan mereka akan bekerja di 195 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 19 kecamatan, 11 kelurahan dan 142 desa.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU Talaud, Andri L J Sumolang, ST menyampaikan bahwa anggota Pantarlih yang baru saja dilantik ini dapat membantu tugas KPU Talaud dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati pada November nanti.

“Pantarlih mempunyai peran penting dalam memastikan data pemilih yang akurat dan valid. Dalam pelaksanaan tugas sebagai Pantarlih harus memerlukan kejujuran dan komitmen serta integritas yang tinggi,” kata Sumolang.

Dirinya pun berharap Pantarlih dapat bekerja sama dengan baik, menjalin koordinasi efektif dengan PPS, PPK dan semua unsur terkait lainnya ditingkatan masing masing.

Turut Hadir dalam Pelantikan Pantarlih diantaranya Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Hilda Jein Palandung, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Ahmad Faizal Tahir, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi Budirman, perwakilan dari Kejaksaan, perwakilan TNI, perwakilan Polri serta para staf dilingkup Sekretariat KPU Kabupaten Kepulauan Talaud. (tni)