Sangihe, Liputan15.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tabukan Selatan Tenggara (Tabseltra) melaksanakan pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Aula Kantor Camat Tabukan Selatan Tenggara (24/06/24).

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan KPUD Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan diakhiri dengan pelantikan serta pembacaan dan penandatanganan Fakta Integritas.

Dalam sambutannya, Plh Ketua PPK Tabseltra Nancy C. Kaehe mengucapkan selamat kepada para Pantarlih yang telah bersedia mengemban tugas di Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara. Ia berharap para Pantarlih dapat bekerja sama dan bersinergi dengan penyelenggara lainnya serta pemerintah kampung dalam melaksanakan tugas mereka. Kaehe menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas tinggi dalam menyediakan data pemilih yang akurat dan valid untuk Pilkada 2024.

“Saya kira tugas Pantarlih sangat penting, karena akan menyediakan data pada Pilkada nanti, dan data tersebut harus akurat dan valid. Untuk mewujudkannya dibutuhkan komitmen, kejujuran, dan integritas yang tinggi,” ujar Nancy.

Camat Tabseltra, Christine Makagansa, STP., M.Si juga menyampaikan sambutannya, mengucapkan selamat kepada para Pantarlih yang baru dilantik dan berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan penuh integritas. Ia menekankan agar Fakta Integritas yang telah ditandatangani menjadi pedoman bagi Pantarlih dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Kiranya saat teman-teman melaksanakan tugas di lapangan berpedoman pada apa yang sudah didapat saat melaksanakan Bimtek. Jangan terpengaruh oleh bisikan yang dapat mempengaruhi hasil kerja kalian ke depannya,” tegas Makagansa. Ia juga berharap agar permasalahan terkait data pemilih yang terjadi pada pemilihan sebelumnya tidak terulang kembali di Pilkada mendatang.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan pembagian kelengkapan atribut petugas Pantarlih yang diserahkan langsung oleh Camat Tabseltra. Pelantikan ini seharusnya dilakukan secara video conference atau via Zoom, namun terkendala jaringan internet yang kurang stabil sehingga tidak dapat mengakses link Zoom yang dibagikan oleh KPUD Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Acara pelantikan dihadiri oleh Camat Tabseltra, Kapolsek Tabukan Selatan, perwakilan Dandramil Tabukan Selatan, Panwas Kecamatan Tabseltra, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua PPS se-Kecamatan Tabseltra, serta undangan lainnya.