LIPUTAN15.COM,MANADO-Sebanyak 282 rumah tipe 45 akan diberikan pemerintah kepada korban yang terdampak bencana Gunung Ruang beberapa waktu lalu di Kabupaten Sitaro.

Pencabutan undi lokasi perumahan bagi Korban Bencana Gunung Ruang Kabupaten Kepulauan Sitaro, di Desa Modisi Kecamatan Pinolosian Timur,  Kabupaten Bolsel, disaksikan Wagub Sulut Steven Kandouw, di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Rabu (18/9/2024).

Dalam arahannya, Wagub Kandouw mengatakan, semua ini karena Tuhan yang maha kuasa yang mengatur. Tidak ada yang minta bencana ini. Tidak bermimpi berdomisili di Desa Modisi Kabupaten Bolsel. “Ini semua karena rencana Tuhan,” kata Wagub.

Menurut Wagub, untuk mencari solusi kita semua diberikan jalan keluar yang tidak hanya melibatkan pemerintah provinsi, tapi Pemerintah Bolsel, Sitaro bahkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum.

“Ini satu bukti simpati dari pemerintah yang diwujudkan dengan gerak cepat, tanggap sehingga masyarakat gunung ruang mendapatkan solusinya,” kata Wagub.

Karena itu, Wagub mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu yang terlibat. Karena menurut Wagub, tidak gampang mendapatkan lokasi dan tempat membangun rumah. “Sudah ada puluhan unit rumah yang dibangun. Karena itu kita patut memberikan apresiasi,” ujarnya.

Dalam mengundian lokasi Wagub meminta harus transparan, tidak ada yang di atur-atur. Begitu diambil rumah ini tidak bisa diperjual belikan. Harus ada juga surat kepada BPN supaya tidak dijual, ini dipakai sendiri.

“Kita harus berhikmat tau bersyukur, berterima kasih dan tau menggunakan ini. Karena masih banyak rumah tangga yang tinggal di tempat jauh dari kata layak,” ujarnya.

Atas nama pemerintah provinsi Sulut, Wagub mengucapkan selamat kepada bapak ibu yang mendapatkan rumah ini.