Bermain Imbang Dengan Maroko, Spanyol Bertemu Rusia di 16 Besar

0
206

LIPUTAN15.COM –Setelah bermain imbang dengan Timnas Maroko 2-2, Spanyol berhasil jadi juara grup B Piala Dunia, di Kaliningrad Stadium. Seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Spanyol jadi pemuncak grup B dengan nilai lima poin, sama halnya dengan Portugal. Namun Spanyol unggul produktivitas gol dibandingkan Portugal.

Maroko membuat kejutan lebih dulu saat mereka unggul lebih dulu di menit ke-14 lewat Khalid Boutaib. Striker bernomor punggung 13 itu mencetak gol memanfaatkan kesalahan Andres Iniesta dan Sergio Ramos di tengah lapangan.

Boutaib mampu melepaskan diri dan berhadapan satu lawan satu dengan David de Gea. Boutaib dengan dingin mengirim bola lewat celah kaki De Gea.

Setelah kebobolan, Spanyol tampil agresif dan mampu mencetak gol balasan di menit ke-19. Aksi Iniesta di pertahanan Maroko diakhiri oleh umpan matang ke arah Isco. Isco tanpa kesulitan mencetak gol lewat tendangan keras dari jarak dekat.

Usai kedudukan imbang 1-1 di babak pertama, Maroko dan Spanyol terus memeragakan permainan terbuka di babak kedua. Pada menit ke-55, Nourdin Amrabat melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. De Gea sudah mati langkah namun bola membentur tiang.

Spanyol balas memberikan ancaman di menit ke-62. Isco mampu menyundul bola ke arah tiang jauh memanfaatkan umpan Daniel Carvajal. Kiper Maroko, Munir sudah tak bereaksi namun Romain Saiss sukses membuang bola dengan sundulan kepala.

Spanyol terus mendominasi penguasaan bola hingga menit ke-70. La Furia Roja mendapatkan 69 persen penguasaan bola. Namun dari statistik yang ada, tembakan-tembakan pemain Spanyol lebih sering melenceng dari sasaran.

Dalam situasi penuh tekanan, Maroko justru justru mampu kembali unggul di menit ke-81. Sepak pojok Faycal Fajr berhasil disundul dengan baik oleh Youssef En-Nesyri. Bola meluncur deras ke pojok kiri gawang dan De Gea tak bisa berbuat apa-apa menghalau bola.

Pada menit ke-89, Iago Aspas berhasil mencetak gol indah lewat tumit namun wasit Ravshan Irmatov sempat tidak mengesahkan gol tersebut. Namun lewat bantuan VAR, gol tersebut akhirnya disahkan. Skor berubah jadi 2-2.

Skor tersebut bertahan hingga akhir pertandingan. Spanyol pun berhak atas status juara grup dan akan menghadapi tuan rumah Rusia di babak 16 besar.

Susunan Pemain

Spanyol (4-2-3-1)

David de Gea; Daniel Carvajal, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Sergio Busquets, Thiago Alcantara; David Silva, Isco, Andres Iniesta; Diego Costa

Maroko (4-2-3-1)

Munir; Nabil Dirar, Manuel da Costa, Roman Saiss, Achraf Hakimi; Karim El Ahmadi, Mbark Boussoufa; Nordin Amrabat, Younes Belhanda, Hakim Ziyech; Khalid Boutaib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here