Wow!!! Alat Ini Bisa Prediksi Tingka Laku Seseorang, Bahkan Penjahat

0
287

LIPUTAN15.COM–Dunia sekarang sudah semakin canggih. Di mana kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI) sudah bisa memprediksi tingkah laku orang melalui face recognition.

Lewat fitur itu, AI bisa membantu polisi untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan. Teknologi itu dinamakan “gaydar” yang pada tahun lalu digunakan untuk menebak orientasi seksual seseorang.

AI ciptaan akademisi Stanford University, Michal Kosinski mengatakan, teknologi pembaca wajah ini mampu mendeteksi segala sesuatu, mulai dari keyakinan politik, orientasi seksual hingga IQ seseorang hanya melalui pemindaian satu foto.

Selanjutnya Kosinski memiliki keyakinan bahwa teknologi “gaydar” bisa diterapkan pada sistem keamanan.  Dilansir Daily Mail dan dikutip lagi dari CNNIndonesia.com. Kosinski mengatakan, teknologi ini bekerja dengan mengambil perubahan pada wajah yang disebabkan oleh kadar testosteron pada tubuh.

“Kami tahu bahwa hormon testosteron terkait dengan kecenderungan untuk melakukan kejahatan dan testosteron juga berhubungan dengan fitur wajah. Testosteron juga memengaruhi hal lain, ada ribuan atau jutaan yang tidak kita sadari akibat dari testosteron itu. Di sini komputer dengan mudah mampu mendeteksi,” kata Kosinski.

Kosinski mengatakan, kamera CCTV di masa depan harus menggunakan AI pembaca wajah untuk menemukan orang hilang, diperdagangkan, bahkan yang berpotensi menjadi bahaya.

Kendati demikian, ia mengakui teknologi ini tentu bisa dianggap melanggar privasi seseorang, Namun, ia juga menyebut teknologi ini bisa menyelematkan nyawa.
“Bisa dibayangkan memiliki alat-alat diagnostik yang mampu memantau ruang publik untuk potensi ancaman kepada diri sendiri atau ke orang lain,” ujar Kosinski.

Pada tahun lalu, Kosinski menjadi sorotan ketika ia menerbitkan penelitan yang menyebut AI dapat menentukan apakah orang tersebut gay atau normal berdasarkan satu foto.

Penelitian dari Universitas Stanford ini berhasil menemukan bahwa algoritma “gaydar” bisa dengan tepat menentukan orientasi seksual pria sebesar 91 persen dan 83 persen pada wanita.

Kosinski juga mengatakan AI ini mampu menebak pandangan politik dan tingkat kecerdasan orang hanya lewat foto wajah. Pandangan politik, menurut Kosinski merupakan hal yang diwariskan orangtua. Kecenderungan politik menurut Kosinski terkait dengan faktor genetik yang dapat dideteksi oleh AI berdasarkan pemindaian wajah.

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here