PANADA LINI Inovasi Tambajong Untuk Kota Manado

0
139

MANADO – Kota Manado yang terus berkembang di segala sektor dinilai perlu diimbangi dengan standar pelayanan yang lebih optimal. Kepala Bapelitbang Kota Manado, Dr. Liny Tambayong ST, M.Si yang mengikuti Diklat PIM 2 di Pandeglang Banen, dalam presentasi Rancangan Proyek Perubahan di BPSDMD Banten memaparkan tentang konsep membangun model Standar Pelayanan Perkotaan (SPP) Kota Manado menggunakan aplikasi yang sedang dikembangkan dan diberi nama Portal Analisis Data Berbasis Peta-Lintas Instansi (PANADA-LINI).
“PANADA-LINI adalah suatu model SPP yang tersistem dalam Portal Analisis Data berbasis Peta lintas instansi sebagai alat untuk mengukur penyediaan layanan perkotaan apakah sudah bisa dikategorikan sebagai Kota Layak Huni. 4 Standar dan 29 Pelayanan Perkotaan akan diformulasikan dalam portal big data, dipetakan penyebaran infrastrukturnya dan dianalisis,” ungkap Liny Tambajong yang dalam presentasinya dihadiri penguji, Sri Hadiati Wara Kustriani SH MBA, Drs Panani MA sebagai coac dan Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA.
Dia menurutkan,  hasil analisis Standar Pelayanan Perkotaan akan terlihat SPP apa yang perlu dioptimalkan.
“Misalnya, pemenuhan air minum baru 67 % yg terlayani, maka masih ada 33 % yang harus dipenuhi oleh kota untuk pemenuhan pelayanan. Dimana saja yg belum terlayani, bisa dilihat dalam aplikasi ini,” jelas Tambajong.
Lanjutnya, ada 29 layanan yang harus dipenuhi Kota diantaranya perumahan, drainase, sekolah juga listrik. Dan lewat PANADA-LINI ini bisa diketahui berapa kebutuhan untuk Kota Manado dan berapa yang sudah terlayani. Sehingga pemenuhan kebutuhan layanan lewat pengusulan kegiatan oleh Perangkat Daerah berwenang akan tepat sasaran.
Aplikasi PANADA-LINI sendiri dalam proses pengembangan dan diharapkan dapat rambung 2 bulan ke depan.
Sementara itu, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut yang menjadi mentor Kaban Liny memberikan apresiasi dan dukungan akan pengembangan aplikasi ini. Dia berharap lewat PANADA-LINI menjadi salah satu solusi menuju Manado Kota Layak Huni.

"/>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here