LIPUTAN15.COM,TOMOHON-Sistem layanan administrasi di Kota Tomohon kini sudah dilakukan secara online melalui aplikasi Sloath (Sistem Layanan Online Adminduk Tomohon Hebat).

Aplikasi itu secara resmi di launching Walikota Caroll Senduk ,Jumat (7/5/2021) bertempat di Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon.

Senduk mengatakan aplikasi Sloath adalah salah satu program unggulan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon adalah pelayanan prima kepada masyarakat dari lahir sampai meninggal.

“Dimana lewat ini mampu menjangkau pelayanan dasar baik dalam pemberian hak-hak sipil penduduk maupun dokumen kependudukan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah.

Yang dituangkan dalam sebuah konsensus nasional melalui Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, termasuk regulasi pelaksanaan dari undang-undang tersebut,” ungkap Senduk

Program ini, kata Walikota sengaja dituangkan dalam program unggulan guna merespons dan melegitimasi status dan eksistensi kependudukan dan hak-hak sipil penduduk melalui pemberian dokumen kependudukan yang disadari akan dimanfaatkan dalam semua sendi kehidupan.

“Sebuah komitmen di dalam kepemimpinan kami kini dan ke depan, dalam soliditas semua stakeholder bersama komponen masyarakat baik lembaga keagamaan, pemerintah, kaum wiraswasta dan lainnya. Untuk menjadikan Tomohon mampu berkompetisi dengan daerah-daerah dan kota lainnya baik di dalam negeri dan bahkan di tingkat internasional.

Di mana sasaran kami adalah tidak hanya menggali dan memperkenalkan potensi serta kemampuan daerah. Namun lebih dititikberatkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut pula dirangkaikan penyerahan 1000 KIA kepada beberapa perwakilan dan para Lurah se-Kota Tomohon, penyerahan sertifikat Petugas Registrasi Adminduk, penyerahan User ID Administrator Daerah Hak Akses Data Kependudukan.

Fakta menarik dan bermanfaat
Hadir juga Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH menyaksikan secara virtual, Kepala Bidang Dinas Capil Sulut Jein Wowor, Asisten Administrasi Umum ODS Mandagi, jajaran Pemerintah Kotadan undangan.