Sangihe, Liputan15.com – Hingga Mei 2021, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Kepulauan Sangihe nol kasus terpapar Covid-19.

Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 dr. Jopy Thungari M. Kes mengatakan, memang pada bulan April lalu ada kasus Covid-19 di Sangihe. Namun hingga kini sudah tidak ada penambahan lagi. Inipun tak lepas dari kerja keras semua pihak yang menangani kasus tersebut.

“Tercatat kasus Covid-19 di Sangihe terjadi pada 2 April lalu dengan hanya ketambahan satu kasus dan telah selesai isolasi mandiri. Jadi, kalau dihitung sudah sebulan lebih tidak ada penambahan kasus Corona, dan ini merupakan capaian yang baik,” kata Thungari.

Diapun menjelaskan, kiranya capaian ini untuk tetap dijaga. Dengan diberikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

“Dimana ini merupakan salah satu strategi untuk menekan penularan Covid. Jadi kalau di skala mikro maka posko-posko di setiap Kampung dan Kelurahan memastikan penerapan protokol kesehatan (Prokes), tetap di laksanakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk jumlah kasus yang di catat hingga saat ini, total terkonfirmasi terpapar Covid-19 berjumlah 312 kasus.

“Dengan rincian 303 orang telah sembuh dan sembilan lainnya meninggal dunia,” tutur dia, sambil menambahkan untuk saat ini Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam tahapan vaksinasi.