Sangihe, Liputan15.com – Salah satu pasar tertua di sangihe yang lebih dikenal dengan sebutan pasar trikora akan diubah menjadi Pasar Modern oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melalui Kabid Perdagangan Fera Massora ketika mendampingi Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe meninjau Pasar Trikora menyatakan alokasi anggaran untuk pembangunan pasar Modern Trikora ini bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Anggarannya mencapai sekira Rp 34.7 Miliar. Dan kita berharap proses lelang secepatnya dilaksanakan sehingga pekerjaan pembangunan segera dimulai”, singkat Massora.

Sementara itu Kedatangan Bupati disambut pedagang yang ada dan memberi suport untuk Pemkab Sangihe dalam upaya pembangunan pasar dimaksud.

Gaghana dalam kesempatan tersebut langsung berbincang dengan pedagang terkait rencana pembangunan pasar modern ini.

“Rencana pembangunan Pasar Modern ini kalau tidak ada halangan akan segera dimulai pada bulan Agustus 2021. Jadi saya harapkan bagi pedagang yang menempati pasar Trikora saat ini agar sudah mulai mengosongkan lapak dagangannya”, ujar Gaghana.

Lebih lanjut Gaghana menyatakan untuk tindaklanjutnya Pemkab melalui instansi terkait akan mengundang secara resmi semua pedagang yang ada di pasar Trikora untuk sosialisasi pengosongan pasar Trikora untuk selanjutnya dibangun menjadi pasar modern.

“Nanti semua pedagang yang menempati pasar Trikora ini akan diundang untuk kelanjutan rencana pengosongan dan pembongkaran pasar Trikora”, jelasnya kembali.

Disinggung soal pedagang yang akan dikosongan dari pasar Trikora, Gaghana menyatakan pemerintah merencanakan untuk relokasi sementara dan rencananya di depan Polsek Tahuna.

“Kita akan relokasilan sementata pedagang pasar Trikora ini. Dan rencana relokasinya di depan Polsek Tahuna”, imbuh Gaghanq sambil menambahkan bahwa kontruksi pasar modern nanti adalah 3 lantai dengan lantai pertama sebagai bassmen dan parkiran.