LIPUTAN15.COM – Beberapa waktu yang lalu sejarah mencatat ada tiga (3) Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) di pastikan menjadi keterwakilan ke Provinsi Sulawesi Utara sebagai Nakes Terbaik.”Mereka masing-masing Tenaga Dokter (Kepala Puskesmas Tinongko) dr Harold Sepang, Tenaga Perawat Andrita Langelo, dan Ahli Gizi Patrisia Kolong. Ketiganya menjadi nominator Nakes terbaik di tingkat Provinsi Sulut 2022,” beber Kepala Dinas Kesehatan Minut, dr Stella Safitri, Selasa (18/10/2022).

Diketahui juga pada tahun 2022 ini Kabupaten Minut paling banyak meraih predikat Tenaga Kesehatan (Nakes) terbanyak, dari tingkat kabupaten/ kota. Bukan itu saja, dari informasi resmi dipastikan kategori tenaga dokter (dr Harold Sepang) bahkan masuk enam (6) besar nominator dokter teladan ditingkat nasional.

“Awal bulan depan akan ke Jakarta untuk ikut seleksi Dokter Teladan tingkat nasional, sebab sampai saat ini dr Harold sudah masuk enam (6) besar,” beber Safitri.

Ini merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa khususnya bagi Kabupaten Minut.

“Kita tinggal menunggu saja utusan kita ini dapat peringkat berapa dari enam (6) besar, nanti tanggal 10 sampai 15 November 2022, yakni waktu HKN nanti dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden RI di istana negara. Undangan resmi akan menyusul, akomodasi dan sarana lainnya ditanggung pihak Kementrian Kesehatan RI,” ungkap Kadis Kesehatan ini.

Lebih jauh diuraikan dr Stella, Dinkes Propinsi Sulut juga bangga karena sejarah baru terukir, dimana dr Harold ini adalah satu-satunya nominator yang berlanjut ke tingkat provinsi sampai 6 besar.Ukir Sejarah, Dinkes Minut Punya 3 Nakes Terbaik di Tingkat Lokal dan 6 Besar Dokter Terbaik Tingkat Nasional.

“Dan baru kali ini sampai 6 besar utusan Provinsi Sulut, yang justeru dari Kabupaten Minut. Makanya Pemprov Sulut juga ikut bangga. Nanti akan diumumkan lanjut, Kabupaten Minut urutan berapa dari 6 besar tersebut, sewaktu diundang ke Jakarta saat Hari Kesehatan Nasional (HKN) kita tunggu hasilnya” tambah Safitri.

Perutusan tiga (3) tenaga kesehatan (Nakes) Minut ke Provinsi Sulut, menurut Kadis Kesehatan dr Stella Safitri, tak lepas dari support dan spirit pasangan Bupati/Wakil Bupati Minahasa Utara Joune J E Ganda SE.MAP / Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH.MH

.”Kita semua baru saja usai berperang melawan Pandemi Covid-19. Kita juga bisa melihat bagaimana pak Bupati dan Wabup memimpin perjuangan melawan bencana internasional itu dengan senyuman, tanpa kenal lelah. Itulah spirit JG-KWL yang menginspirasi kami Tenaga Kesehatan Minut untuk terus berbakti, mengabdi tanpa lelah, seperti pimpinan kami di Kabupaten Minahasa Utara, bahkan pimpinan kami si Provinsi yakni Pak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut,” tutup Safitri. (Jane Lape)