LIPUTAN15.COM,MANADO–RSUP Kandou Manado, melalui Instalasi Diklat menggelar pelatihan Koding bagi Tenaga penentuan kode penyakit dan tindakan (Koder) di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) Dalam Program Jaminan Kesehatan. Sebanyak 30 peserta dari berbagai Rumah Sakit (RS) di Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti pelatihan ini.

Direktur SDM Pendidikan dan Umum (SPU) Dr,dr Ivonne,E Rotty,M.Kes, menyebut, Instalasi Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) RSUP Kandou merupakan suatu Institusi penyelenggara pelatihan yang sudah terakreditasi. “Itu artinya semua peserta yang mengikuti pelatihan ini dan lulus, mereka (Peserta -red) akan mendapat sertifikat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” kata Dokter Ivonne, Senin (20/02/2023)

Terkait dengan topik pelatihan ini, Direktur SPU RSUP Kandou itu mengatakan pihaknya menghadirkan Fasilitator yang berkompeten berpengalaman,serta menguasai materi sesuai dengan kompetensinya, baik dari BPJS manado yang terkait dengan Koding, ada juga Tim dari Kemenkes, dan RSUP Kandou.

“Kami memilih modul pelatihan ini karena dari sekian modul yang berada pada direktorat tenaga kesehatan, sudah bisa diberikan kepada tenaga kesehatan,” tuturnya saat membuka kegiatan pelatihan di aula lantai 2 kantor pusat administrasi RSUP Kandou.

Selain itu Dokter Ivonne menegaskan para Koder agar dalam menentukan diagnosa harus tepat dan sesuai standard, dengan demikian dirinya berpesan agar peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik, “dengan melakukan Koding tidak sesuai dengan regulasi kita bisa mendapat Fraud,” tegasnya.

Dengan demikian Dokter Ivonne berharap pelatihan ini benar benar berkwalitas dan semua peserta bisa mendapatkan sertifikat dari kemenkes.

“Akan tetapi pada prinsipnya bukan selembar sertifikatnya,akan tetapi bagaimana kita mengiplementasikan ilmu pengetahuan yang didapatkan ke RS kita masing masing,” Pungkasnya.

Turut hadir Koordinator Pendidikan dan Penelitian dr Hanry Takasenseran, Subkoor Pengembangan SDM, Ns Abram Babakal,S.Kep.M.Kes, Kepala Instalasi Diklat, dr, Reamur Moudy Rawung,M.Kes. M,Theol, dan dari BPJS Manado, dr Grace Mariana Yuliana Boyanga,M.Kes.