LIPUTAN15.COM,MANADO-Direktur Utama (Dirut) RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado, Dr dr Jimmy Panelewen,SpB-KBD membuka Pelatihan Bantuan Hidup Dasar(BHD), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi(PPI), Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS), dan Covid-19, bagi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis 1 (PPDS) atau Staf Medik Pendidikan, Gelombang 1 dan 2 Fakultas Kedokteran Unsrat, Senin (06/03/2023).

Dirut Panelewen mengatakan, mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis 1 (PPDS) atau istilah di RSUP Kandou Staf Medik Pendidikan, merupakan pendidikan lanjut untuk meraih dokter spesialis. Tidak semua dokter umum yang bisa berada pada posisi tersebut.

“Dari sekian banyak yang berkeinginan dan bercita cita untuk dididik dan mendapatkan keahlian selaku dokter spesialis 1, kalianlah yang terpilih saat ini. Oleh karenya manfaatkan peluang ini dengan baik,” kata Dirut, didampingi Direktur SDM Pendidikan dan Umum, Dr dr Ivonne E Rotty,M.Kes,

Lanjutnya Dirut, Staf Medik Pendidikan itu artinya seorang dokter yang lagi sementara menjalankan pendidikan di Rumah Sakit (RS) Kandou. Untuk itu ditegaskannya bersikaplah semata mata sebagai seorang dokter tetap yang bekerja di RS, bukan sifatnya hanya temporer.

“Kalian (Staf Medik Pendidikan – red) mempunyai tanggung jawab untuk memberi kontribusi positif serta mengawal nama baik RSUP Kandou maupun Unsrat Manado,” ungkap Panelewen.

Menurut Dirut Panelewen, selama menjalani pendidikan di RSUP Kandou, Staf Medik Pendidikan akan dipotret apakah punya integritas, loyalitas serta dedikasi yang tinggi terhadap profesi yang dipilih, atau hanya sebagai assesori dalam perjalanan hidup.

Panelewen menyebut profesi dokter harus bisa menjaga nilai moral dan etika . “Lakukan yang baik tanpa dilihat orang,” ungkap Dirut.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Unsrat, Dr dr Billy .J Kepel, M.Med,SC, mengatakan, ini merupakan awal yang baik bagi Mahasiswa PPDS Fakultas Kedokteran Unsrat, di mana dari 10 prodi Fakultas Kedokteran Unsrat hampir seluruh pendidikan yang dijalani berada di RS Pendidikan Utama RSUP Kandou.

“Kalau diawal baik, tentunya saya berharap dikhir juga baik, katakanlah 7 semester kedepan kalian berhasil menyandang gelar spesialis,”ujar dr Billy.

Dengan demikian dirinya menyebut saat ini FK Unsrat sudah melaksanakan 10 Spesialis PPDS, namun demikian dinamika dalam proses pendidikan pasti akan ditemui,

“Selain bekal akademi yang kalian miliki sebagai dokter, tapi jangan lupa tentunya perilaku sebagai seorang residen,” pungkasnya.