LIPUTAN15.COM,MANADO-Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kandou menggelar uji potensi pegawai Kementerian Kesehatan. Kegiatan digelar di Aula RSUP Kandou Manado, Selasa (21/03/2023).

Diikuti Direktur Utama (Dirut) RSUP Kandou Manado Dr, dr Jimmy Panelewen SpB-KBD, bersama Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr,dr Ivonne.E.Rotty,M.Kes dan pegawai RSUP Kandou.

Dirut Panelewen mengatakan, uji potensi ini merupakan kegiatan yang secara reguler harus dikerjakan kepada pejabat-pejabat fungsional.

“Uji potensi atau tes potensi ini sebenarnya melihat kemampuan seseorang untuk bisa mengorganize atau bisa memimpin, kemudian berpikir atau intelegensi dan psikologisnya,” ujar Dirut Panelewen, ketika diwawancarai usai tes potensi.

Lanjut Dirut Panelewen, supaya sudah ada pemetaan terkait potensi pejabat yang ada di RSUP Kandou. “Hasil uji potensi akan di kirim paling lambat 31 Maret di Kementerian Kesehatan. Hasil ini menentukan seorang menjadi pemimpin dan direktur. Juga kenaikan pangkat,” ungkap Dirut Panelewen.

Sementara itu, Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr,dr Ivonne.E.Rotty,M.Kes menjelaskan kegiatan ini merupakan ketentuan terbaru Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Pelayanan Kesehatan. Karena sesuai aturan seluruh pejabat fungsional harus mengikuti uji potensi.

“Nama yang mengikuti tes potensi ini, bukan kami yang memilih. Tapi dari Kementerian yang memilih. Saya bersama pak Dirut mengikuti hari ini, karena telah mengikuti tes potensi empat tahun lalu. Aturannya itu setiap dua tahun harus mengikuti lagi. Jadi kami mengikuti hari ini,” pungkasnya.