LIPUTAN15.COM – Dalam rangka mendukung terlaksananya kegiatan inventarisasi dan sensus Barang Milik Daerah (BMD) khususnya di wilayah Pemerintah Kota Manado, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Manado mengadakan kegiatan pembekalan kepada para petugas yang akan bertugas dalam pelaksanaan kegiatan inventarisasi aset milik Pemkot Manado. Acara ini diselenggarakan pada Rabu 14 Juni 2023 bertempat di Hotel Grand Puri.

Pembekalan hari pertama tim Inventarisasi beranggotakan para Kepala – kepala Sekolah SD dan SMP Negeri di lingkungan Pemerintah Kota Manado mengingat tugas yang akan dilaksanakan cukup berat jika dilihat dari jumlah aset maupun lokasi aset yang akan dituju maka diperlukan kolaborasi dan sinergi untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Acara pembekalan diawali dengan sambutan dari Kepala BKAD Kota Manado Peter KB Assa yang dalam sambutannya mengharapkan agar para peserta yang mengikuti pembekalan dapat memperoleh pengetahuan dan gambaran yang cukup mengenai aset sehingga hasil inventarisasi dan sensus BMD dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

“Tujuan Inventarisasi BMD adalah tersedianya data BMD secara balk dalam upaya mewujudkan tertib administrasi dan tertib fisik serta mempermudah pelaksanaan pengelolaan BMD,”kata Assa.

Pada sesi pemaparan, Bart Assa menjelaskan maksud Inventarisasi adalah untuk mengetahui jumlah dan nilai serta kondisi BMD yang sebenarnya, baiik yang berada dalam penguasaan Kuasa Pengguna Barang, Pengguna Barang dan Pengelola Barang.

Selanjutnya, Bart Assa juga menjelaskan mengenai jenis aset, klasifikasi aset, penentuan data awal serta pelaporan.
Pada kesempatan akhir acara pembekalan tersebut dilakukan diskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teknis penyusunan Berita Acara Inventarisasi, persiapan teknis sebelum berangkat ke lokasi aset, ketika di lokasi aset, serta finalisasi hasil inventarisasi.
Pelaksanaan kegiatan inventarisasi dan sensus BMD akan dilakukan mulai bulan Juni sampai dengan Bulan Juli 2023

Kegiatan pembekalan yang padat yang dimulai dari pukul 10.00 WITA dan tetap diikuti dengan antusias oleh para peserta..