LIPUTAN15.COM, BOLMUT – Perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Bolmut mulai dimatangkkan KPU Bolmut.

Salah satu langkah upaya KPU yang tengah berjalan ialah berkoordinasi dengan seluruh stekholder.

“Koordinasi dengan instansi terkait menjadi kunci utama dalam proses pembentukan KPPS, terutama terkait persyaratan seperti surat kesehatan,” ungkap ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Firman SY. Stion, Jumat (8/12/2023).

Misalnya, kata Firman, dalam hal persyaratan ada surat kesehatan. Maka tentu ini kita juga perlu berkoordinasi dengan dinas kesehatan terkait hal tersebut.

“Upaya ini telah dilakukan KPU beberapa hari terakhir” sambungnya.

Selain itu, Ia melihat, permasalahan kekurangan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di masing-masing desa di Kabupaten Bolmut.

“Dalam konteks ini, ia mengajukan permintaan masukan dari pihak TNI/Polri dan khususnya Satpol PP. Hasil dari rapat koordinasi ini dijanjikan akan segera dikomunikasikan dengan KPU Provinsi Sulut,” bebernya.

Dalam konteks keamanan dan pengamanan Pilkada 2024, menurut Firman, agar TNI/Polri terus memberikan dukungan penuh terhadap upaya KPU. Sementara, kepada pemerintah kecamatan, ia meminta dukungan fasilitas dan komunikasi yang baik dengan aparat desa.

“Intinya, rapat koordinasi ini menjadi platform bagi kami untuk menyampaikan rencana, dukungan fasilitas, dan hal-hal lain yang dapat mempermudah pelaksanaan pembentukan dan tugas-tugas KPPS nanti,” sebutnya.

Di akhir sesi, Firman menyampaikan apresiasi kepada semua stakeholder yang hadir dalam rapat koordinasi. Baginya, keterlibatan aktif dari instansi terkait menjadi kunci keberhasilan untuk menciptakan suasana pemilu yang demokratis dan inklusif.

“Karena sinergi antarstakeholder adalah kunci keberhasilan, dan kami berharap kolaborasi ini akan terus terjaga untuk memastikan kelancaran dan integritas Pilkada 2024 di Bolmu,” ujarnya.

NVG