Duet Paripurna Jusak Kereh-Audy Karamoy Pilbup Minahasa 2024, Figur Pengusaha Menjanjikan Jadikan Minahasa Maju

KEBANGGAAN MINAHASA: Forum Tou Minahasa (FTM) gencar menduetkan Jusak Kereh (JKR) dan Audy Karamoy (AKmoy). Bahkan, Relawan FTM di 25 Kecamatan se-Minahasa berinisiatif pribadi mempromosikan duet JKR-AKmoy, melalui baliho, media sosial hingga diskusi sosialisasi ke masyarakat.

LIPUTAN15.COM, MINAHASA – Jelang Pemilihan Bupati (Pilbup) Minahasa 2024, warga makin kencang mengaspirasikan kalangan pengusaha yang lebih menjanjikan. Ya, Forum Tou Minahasa (FTM) gencar menduetkan Jusak Kereh (JKR) dan Audy Karamoy (AKmoy). Bahkan, Relawan FTM di 25 Kecamatan se-Minahasa berinisiatif pribadi mempromosikan duet JKR-AKmoy, melalui baliho, media sosial hingga diskusi sosialisasi ke masyarakat.
Sebab, kombinasi JKR-AKmoy, Putra Langowan dan Tondano ini diyakini akan mengantarkan Partai Gerindra di Top Eksekutif Minahasa 2024-2029. Bukan tanpa alasan,
Dr Jusak Kereh SH MH MTh, adalah putra Langowan yang berprofesi sebagai pengusaha kaliber, akan jadi magnet 37.349 pemilih Langowan Raya (baca grafis, red). Belum lagi ditambah wilayah sekitarnya, Kawangkoan Raya, Sonder hingga Tompaso ada 50.389 pemilih. Senada, AKmoy yang
jadi semangat baru warga Tondano, Ibukota Minahasa. Ada 50.997 pemilih basis Tondano. Belum ditambah daerah sekelilingnya, Remboken, Eris, Lembean Timur, Kombi hingga Kakas ada 52.815 pemilih. Praktis, jika JKR-AKmoy bersatu akan memiliki basis 191.550 dari 265.000 pemilih atau 72,2 persen. “Jika Partai Gerindra Minahasa mengusung duet Jusak Kereh dan Audy Karamoy, merupakan dua kekuatan besar Langowan Raya dan Tondano Raya bersama rumpun yang ada di sekitarnya,” ungkap sejumlah warga Langowan dan Tondano yang tergabung dalam FTM.
Bukan tanpa alasan. Jusak sapaan JKR, adalah putra kebanggaan Tou Langowan. Ayah Jusak, merupakan Keluarga Besar Kereh-Waworuntu dari Langowan, dan ibunya Keluarga Wong-Sumesey dari Kotamobagu.
Istri dari Jusak, dikenal keluarga pedagang hasil bumi dan merupakan salah satu pedagang cengkih terbesar di Indonesia.
Bahkan, telah membantu petani dengan membeli cengkih sekira 27 tahun, termasuk sejumlah daerah lainnya di Indonesia. Bersama keluarga sang istri, juga bergerak di bidang usaha properti, perhotelan, properti, hingga wahana permainan anak-anak.
Selain cengkih, dikenal sebagai pedagang hasil bumi dan pengekspor jagung pertama dari Sulut ke Filipina. Dalam kegiatan sosial dan misi keagamaan, Doktor ilmu Hukum Cumlaude dari Unsrat Manado, dan Doktor Teologi Cumlaude dari sebuah STT ternama di Jakarta ini, tak perlu diragukan. Banyak membantu orang melalui Yayasan Jembatan Pengharapan Sulut hingga aksi kemanusiaan Pacific Peduli.
Soal politik, Tim Perumus Dewan Pakar Tim Kemenangan Nasional Paslon 02, Prabowo-Gibran (Pragib) ini sukses mengantarkan 75,31 persen dengan 1.229.069 suara di daerah Nyiur Melambai. Strategi dan konsep kemenangan Pragib di Sulut, sukses dilakoni Jusak yang dikenal dekat dengan adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo
Senada, AKmoy. Tuama Tondano ini dirindukan pimpin Kabupaten Minahasa 2024-2029. Ya, sejak era Bupati Minahasa Stevanus Vreeke Runtu (SVR) periode 2003-2013, Putra Tondano absen dalam top eksekutif, baik sebagai bupati atau wakil bupati. Selama 11 tahun tak memegang tampuk kekuasaan.
Karenanya, jelang Pilbup Minahasa 2024, harapan baru warga Ibukota Minahasa bersemi kembali. Ya, kehadiran figur baru AKmoy jadi semangat baru Bumi Toar Lumimuut.
“Kami merindukan sosok baru, Tuama asli Tondano untuk membawa perubahan bagi Kabupaten Minahasa,” ungkap sejumlah warga Tondano Raya.
Menurut warga, sosok Owner Moy Residence Audy Karamoy sudah terbukti meningkatkan dunia pariwisata di Minahasa, khususnya Tondano. Kesan Tondano sebagai kota mati, perlahan-lahan mulai sirna.
Betapa tidak, sejak hadirnya Moy Residence yang ditahbiskan 21 Desember 2017, penginapan sekelas hotel berbintang, di Tondano Selatan, tepatnya di belakang Moy Restoran, sektor pariwisata Minahasa bergairah dan menarik wisatawan di tanah kelahiran Pahlawan Nasional Dr Sam Ratulangi ini.
Tak hanya itu, ada Moy Convention Hall yang banyak menggelar Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) dengan menghadirkan ribuan massa. Ada pula, obyek wisata air panas alam di Sulut bernama Makarios. Sejak dibuka 31 Desember 2021, Makarios menjadi salah satu destinasi populer wisatawan mancanegara dan nusantara untuk kolam permandian air panas. Letaknya berada tak jauh dari Persimpangan Jalan Utama Boulevard Tondano.
“Pak Audy Karamoy menjadi tokoh pembangunan pariwisata di Minahasa, yang memiliki jaringan keluarga besar dan komunitas yang besar. Sosok tokoh pariwisata sangat dibutuhkan Minahasa untuk mendulang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menggerakkan perekonomian untuk menciptakan lapangan pekerjaan,” nilai Pengamat Politik Minahasa Ariel Pontoh.
Lanjutnya, bakal calon bupati atau wakil bupati dari Tondano akan menjadi penentu kemenangan. Sebab, basis pemilih Tondano Raya ada 50.997 sesuai data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pileg 2024. Atau nyaris 20 persen dari 265.000 total pemilih se Minahasa (baca grafis, red).
“Figur baru dari Tondano lebih menjual dan menjanjikan. Sebab, belum ada dosa politik dan jejak rekam yang bisa dinilai warga untuk semua bakal calon dengan beranekaragam latar belakang,” kunci Pontoh. (mpd)

Basis Pemilih Jusak Kereh-Audy Karamoy//

Langowan Raya
Langowan Barat : 13.655
Langowan Selatan : 6.471
Langowan Timur : 10.439
Langowan Utara : 6.784
Total 37.349

Kawangkoan : 8.017
Kawangkoan Barat : 7.130
Kawangkoan Utara : 6.817
Sonder : 15.330
Tompaso : 6.022
Tompaso Barat : 7.073
Total 50.389

Tondano Raya
Tondano Barat : 15.704
Tondano Timur : 12.222
Tondano Selatan : 13.335
Tondano Utara : 9.736
Total 50.997

Remboken : 9.799
Eris : 9.109
Lembean Timur : 6.625
Kombi : 8.960
Kakas : 9.824
Kakas Barat : 8.498
Total 52.815

Keterangan: DPT Pileg 2024

Pos terkait

J1vc4CG.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *