LIPUTAN15.COM MELONGUANE-Dalam rangka meningkatkan sinergitas antar instansi, Polres Kepulauan Talaud menggelar Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Talaud, Kamis (16/5/2024).

Latihan yang dilaksanakan di halaman depan Markas komando Polres Talaud ini, kata Kapolres AKBP Muhammad Chaidir SH, SIK, MM melalui Kabag Ops AKP Yakobus. Melale,SH, S.AB, MM bahwa latihan bersama ini perlu dipupuk. Ini merupakan wujud sinergi Polri dengan pemerintah daerah.

“Latihan bersama dengan instansi lain merupakan kegiatan yang harus dipupuk karena hal ini merupakan wujud sinergi Polri khususnya Polres Talaud. Serta bentuk kesiapan serta bentuk penanganan unjuk rasa dalam rangka Pilkada yang tak lama lagi akan berlangsung,” tukas Melale.

Salah satu materi dalam latihan Dalmas yang diajarkan kali ini adalah Dalmas Awal yang merupakan salah satu bentuk upaya dalam menghalau massa, apabila situasi tang tidak diharapkan terjadi.

“Selain itu dalam latihan Dalmas ini pun mengingatkan tentang pentingnya wewenang serta tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Satpol PP selaku mitra Kepolisian,” tegasnya.

Diketahui ada 34 personil Satpol PP yang tergabung bersama personil Polres Talaud mengikuti latihan tersebut

Pelatihan yang dipimpin oleh Kabag Ops AKP Yakobus Melale, SH, S.AB, MM juga tampak didampingi oleh Kasat Binmas AKP Pridjuhakri Tumade serta Kasat Pol PP Adrianson Taarega dan Sekretaris Satpol PP Jamert Majampoh, S.Sos, M.Si turut menghadirkan instruktur terbaik dari Polres Talaud yakni Aipda Daniel Runtu. (tni)