LIPUTAN15.COM,MANADO-Memperingati hari lahirnya Pancasila, Sabtu (01/6/2024) RSUP Prof Dr RD Kandou Manado menggelar Upacara Bendera bertempat dihalaman Gedung CVBC RSUP Kandou Manado.

Kegiatan upacara bendera dimulai tepat pukul 07.00 Wita. Sebagai pembina upacara Plt Direktur Utama (Dirut) Dr dr Ivonne Elisabeth Rotty, MKes diawali dengan pengibaran bendera merah putih serta membacakan amanat Upacara oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Dalam sambutannya Dirut mengatakan sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” kata Dirut Ivonne.

Dirut juga mengajak seluruh komponen untuk terus mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” ucapnya.

Dirut menambahkan sebagai Civitas Hospitalia, dalam memperingati Hari Lahirnya Pancasila ini, untuk terus meningkatkan semangat dalam menjalankan tugas kerja.

“Tahun ini kita akan menghadapi pelaksanaan Akreditasi Joint Commision Internasional (JCI) oleh karena itu dibutuhkan komitmen bersama, saling mendukung, bahu membahu, bergandengan tangan dari seluruh Civitas Hospitalia RSUP Kandou, agar segala rencana dan harapan kita semua bisa tercapai seperti beberapa tahun yang lalu saat meraih Akreditasi JCI yang pertama,” pungkasnya.

Di ketahui peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024, mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.