LIPUTAN15.COM MELONGUANE-KPU Talaud laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka Penguatan Kapasitas SDM dan Kode Etik Badan Adhoc, pada Jumat (21/6/2024) kemarin yang berlokasi di Permata 1 Melonguane.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Andri L J Sumolang, ST menyampaikan bahwa dalam Bimtek kali ini dihadiri oleh narasumber dari TPD DKPP RI Provinsi Sulawesi Utara yakni Dr Viktory N J Rotty serta akademisi Dr Tommy Sumakul, SH, MH yang juga seorang Dosen Hukum di Universitas Sam Ratulangi Manado.

“Kawan-kawan harus memanfaatkan betul momentum ini dalam rangka Penguatan Kapasitas SDM dan Kode Etik yang harus dilakukan oleh teman-teman badan Adhoc bahkan kepada PPK atau PPS,” ungkap Sumolang.

Lebih lanjut, Ketua KPU Talaud juga mengatakan bahwa sebagai penyelenggara Pemilu, kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai dan kode etik sebagaimana tertuang dalam peraturan DKPP nomor 2 tahun 2017. Karena penyelenggara Pemilu sudah mengikrarkan sumpah dan janji pada saat pelantikan, maka harus memegang teguh kode etik tersebut.

Dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia terhadap penyelenggara pemilu, maka badan Adhoc PPK dan PPS menjadi ujung tombak dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 nanti.

“Kami berharap teman-teman dapat mengimplementasikan keteladanan berdasarkan ketentuan-ketentuan sesuai tugas dan fungsi. Bahkan juga berhati-hati dalam tindakan, sikap serta ucapan serta dapat berkoordinasi dengan semua pihak,” tukasnya.

Kegiatan yang diikuti oleh Ketua dan anggota PPK se Kabupaten Kepulauan Talaud ini turut dihadiri oleh para komisioner KPU Talaud diantaranya ada Kadiv Sosdiklih, SDM dan Parmas Hilda Jein Palandung, Kadiv Teknis Penyelenggaraan Ahmad Faisal Tahir, serta Kadiv Hukum dan Pengawasan Jekman Wauda yang hadir via zoom serta Kadiv Rendatin Budirman. (tni)