Liputan15.com,Minut – Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune Ganda SE,MAP,MM,MSi mengarahkan langsung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan perbaikan saluran air irigasi guna mengantisipasi kekeringan persawahan yang ada di Desa Talawaan.

Hal ini dilakukan oleh Pemerintah demi memperlancar usaha pertanian, peternakan dan perikanan yang merupakan mata pencaharian dari masyarakat setempat.

Saluran irigasi air yang ada ini sebelumnya lebih diperlebar lagi sehingga debet air bertambah guna mengantisipasi kekeringan persawahan yang ada.

Bupati JG turun langsung mengawasi dan memantau pengerjaan tersebut, pada Jumat (19/07/2024).

Kepada sejumlah media JG berkata, ini merupakan langkah cepat dari Pemerintah guna suplai air yang memadai bagi kebutuhan telaga, persawahan, atau juga kolam yang diberdayakan warga Kecamatan Talawaan sebagai mata pencaharian mereka.

” Perbaikan irigasi ini akan lebih mengoptimalkan pengairan ke persawahan warga. Begitu juga telaga ataupun kolam yang dijadikan sebagai objek usaha guna pencaharian mereka,”kata bupati.

Selain PUPR, dibeberkan bupati, dia juga menggerakkan instansi lainnya guna penyediaan pompa yang akan lebih memaksimalkan debet air yang dibutuhkan masyarakat sesuai kapasitas usaha mereka.

Bupati sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah Desa dan masyarakat yang ada di Talawaan.
” Saya sangat mengapresiasi kerja dari Kumtua yang didukung oleh masyarakat dalam memfasilitasi kebutuhan air masyarakat guna telaga, sawah atau kolam air. Ini langkah yang tepat dimana kita akan memperbaiki irigasi yang ada guna mengantisipasi kurangnya air yang berdampak juga pada persawahan,” ujarnya.

“Saya minta Camat supaya terus memantau perkembangan pengerjaan ini. Begitu juga masyarakat, mari kita bersama-sama mengawasi pengerjaan yang ada,” sambungnya didampingi Kadis Kominfo Robi Parengkuan.

Pompa air yang dimaksud Bupati adalah guna menjangkau suplai air sampai ke ujung kampung Talawaan. Sementara untuk perbaikan ke skala yang lebih besar nanti, dikatakan Bupati pihak Pemerintah Kabupaten telah menyurat ke Pemerintah Provinsi.

Dia pun mengapresiasi TNI-POLRI yang terus bersinergi dengan Pemerintah.
” Kehadiran TNI-Polri saat ini benar-benar adalah sinergitas yang luar biasa,” tandas Ganda.

Kesempatan juga digunakan Bupati untuk melihat langsung area persawahan yang kering di Wilayah Desa Talawaan.
Saat itu Bupati bersama Camat Alexander Marbun dan Kumtua Talawaan Reky Suampouw serta Tokoh Masyarakat yang akrab disapa Bos Sanding.

Hadir juga, Kadis PUPR Alfonds Tintingon, Kepala BPBD Theo Lumingkewas, Anggota Dekab Chrisyodi Longdong, para Pejabat eselon III, serta Tokoh-Tokoh masyarakat Kecamatan Talawaan. (**/Jane Lape)