LIPUTAN15.COM-Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menghadiri dan membuka kegiatan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kota Tomohon yang digelar selama 3 hari 23-25 Juli 2024 di Green Forest Tomohon.

Narasumber yaitu Walikota Tomohon Caroll Senduk, S.H., Kabag Organisasi Sekretariat Daerah Kota Tomohon Inggrid Palit, S.Pt., M.M., Kepala BKPSDMD Tomohon Djon Sonny Liuw, S.Pi., Analis SDN Aparatur Muda Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara Fanda Yurike, S.H., M.P.A., Sekretaris BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung, S.Sos., M.M.Sip.

Peserta orientasi PPPK Kota Tomohon tahun 2024 adalah PPPK di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon yang ditetapkan pada tahun 2021, 2022 dan 2023 berjumlah 216 orang, yaitu 75 guru, 61 tenaga kesehatan dan 80 tenaga teknis

Walikota Tomohon mengatakan, dalam undang–undang republik indonesia nomor 20 tahun 2023 tentang aparatur sipil negara, dijelaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) adalah profesi bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah.

Untuk melaksanakan tujuan nasional, dibutuhkan aparatur sipil negara (ASN) dalam hal ini pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang mampu melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan tertentu secara profesional.

Yang dimaksud adalah sosok yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan loyalitas, kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik bertanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Bahwa untuk mendukung pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, perlu dilakukan pengembangan kompetensi sebagai bentuk pengayaan pengetahuan bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang dilaksanakan secara sistematis dan terintegrasi.

Untuk dapat membentuk sosok pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di atas, perlu dilaksanakan pembinaan melalui orientasi sebagai program pengenalan dan penyediaan informasi bagi PPPK yang baru diangkat dan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam lingkup kompetensi teknis, pemenuhan tuntutan kebijakan, dan/atau penghargaan terhadap kinerja PPPK.

Saudara dinyatakan diterima sebagai PPPK pada pemerintah kota tomohon yang ditetapkan pada tahun 2021, 2022 dan 2023 setelah melalui suatu proses seleksi yang begitu rumit dan panjang, yang diseleksi dari banyaknya peserta yang mendaftar dari seluruh pelosok nusantara, oleh karena itu proses ini harus saudara jalani dengan baik dan tekun, sebagai bagian dari pendidikan formal, pembentukan karakter untuk berkarier dalam dunia birokrasi pemerintahan. mengikuti kegiatan orientasi ini haruslah dipandang sebagai proses awal saudara meningkatkan sumber daya manusia (SDM), inovasi maupun potensi diri sendiri, sehingga nantinya saudara siap menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang profesional dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas.

Diharapkan saudara-saudara dapat mengikuti semua materi dan kegiatan dengan baik, sebab setiap materi yang diberikan akan dievaluasi sebagai bahan penilaian terhadap saudara-saudara. oleh karena itu, saudara-saudara harus patuh terhadap semua ketentuan dan aturan yang sudah dibuat oleh panitia dan harus berdisiplin.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat terwujud ASN PPPK yang memiliki sikap, perilaku dan kompetensi diri sesuai dengan nilai-nilai dasar ASN berakhlak yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif sehingga profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsi ASN. jika ada yang melakukan pelanggaran, maka akan diberikan sanksi yang tegas yang tentunya akan bisa mempengaruhi kelulusan saudara-saudara dan bisa dipertimbangkan untuk pemutusan hubungan perjanjian kerja.

“Saya mengharapkan kehadiran saudara di jajaran birokrasi hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja pemerintah kota tomohon secara umum. secara khusus, kehadiran saudara di perangkat kerja di mana saudara ditempatkan itu diharapkan akan mampu memberikan yang terbaik dalam membantu segala tugas dan tanggung jawab yang menjadi kewajiban setiap perangkat daerah dalam melaksanakan program-program yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” harapnya.

Selaku wali kota tomohon mengapresiasi dengan baik kegiatan orientasi PPPK ini yang diselenggarakan oleh badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia daerah kota tomohon bekerjasama dengan lembaga administrasi negara republik indonesia, kantor regional XI BKN manado, BPSDM daerah provinsi sulawesi utara, yang kegiatan sudah sementara berjalan dengan metode pembelajaran yang baru yang saat ini sampai pada jalur klasikal selama 3 (tiga) hari.

Pemerintah kota tomohon tetap konsisten dalam memperhatikan pengembangan SDM aparatur sipil negara. bentuk perhatian ini diberikan melalui kesempatan kepada aparatur sipil negara kota tomohon mengikuti pengembangan kompetensi teknis, maupun manajerial untuk meningkatkan kapasitas aparatur yang ditempatkan di setiap perangkat daerah.

Mengakhiri sambutan ini, dia mengucapkan selamat mengikuti kegiatan orientasi kepada seluruh peserta, semoga saudara-saudara selalu diberikan kekuatan, kesehatan, hikmat dan kemampuan dalam mengikuti setiap tahap kegiatan ini .
semangat, karya, pengabdian, integritas, loyalitas dan inovasi saudara sangat dinantikan oleh pemerintah kota tomohon. mari kita semua terus melaju untuk indonesia maju.