LIPUTAN15.COM- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus berupaya menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat terlebih anak muda Sulut.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Pemprov Sulut pun menjalin kerja sama dengan Tsunagu Japan Indonesia . Dimana Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw yang menghadiri Gala Dinner bersama Tsunagu Japan Indonesia di hotel Four Point Manado, Selasa (23/7/2024), sekaligus melakukan penandatanganan kerja sama 

“Ini gayung bersambut dengan road map bapak Gubernur, untuk mengoptimalkan sumber daya manusia Sulawesi Utara, dimana muaranya ke penciptaan lapangan pekerjaan dengan jalan bekerja di luar negeri,” jelas Kandouw saat diwawancara usai kegiatan.

Dia mengatakan konsep gagasan Pemerintah Provinsi Sulut akan dikombinasikan dengan ide-ide yang dimiliki Tsunagu Japan Indonesia. Di dalamnya bagaimana mempersiapkan aspek skill dan kemampuan bahasa dari tenaga kerja.

“Ini jadi kendala utama yang harus kita sama-sama keroyok (upayakan bersama),” imbuhnya.

Sebagaimana penyampaian Duta Besar Indonesia untuk Jepang, bahwa Negeri Sakura membutuhkan sekira 800 ribu tenaga kerja asing. Peluang ini pun harus mampu dimanfaatkan oleh tenaga kerja asal Sulawesi Utara.

“Acara malam ini sanat penting dan luar biasa dan kami Pemerintah Sulawesi Utara sangat mengapresiasi itu. Dan rakyat Sulawesi Utara, anak-anak muda kita mari kita mempersiapkan diri dengan baik, supaya kalau ada yang mau berminat, ada yang punya keinginan untuk bekerja di luar negeri, mari bergabung dengan Tsunagu di Sulawesi Utara,” pungkasnya.

Seperti diketahui program magang dan kerja di Jepang menarik minat banyak orang termasuk di Sulut. Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tsunagu Japan Indonesia yang memiliki kantor pusat di Tondano, telah memberangkatkan banyak peserta magang kerja dari Sulut dan daerah lain ke Jepang.