LIPUTAN15.COM,MANADO-Petugas pemutahiran data pemilih (Pantarlih) TPS Dua Bumi Beringin Kota Manado untuk pilkada tahun 2024 melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) di kediaman rumah dinas Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Dalam kesempatan itu, Olly didampingi Isteri tercinta Rita Dondokambey-Tamuntuan menyambut baik petugas pantarlih, Selasa (2/7/2024) siang.

Proses coklit dipantau langsung Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos, Kadiv Perencanaan dan Data KPU Provinsi Sulawesi Utara Lanny Ointu, Ketua Bawaslu Provinsi Ardiles Mewoh dan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Zulkifli Densi, jajaran KPU Kota Manado dan PPS.

Petugas pantarlih mencoklit keluarga Gubernur Olly sebanyak empat orang. Adapun kedua anak kandung yakni Rio Dondokambey dan Rey Dondokambey tak sempat hadir, namun dilakukan pemanggilan virtual atau melalui video call agar bisa dimutakhirkan datanya.

Usai melaksanakan coklit, saat diwawancarai awak media Olly mengucapkan terimakasih kepada petugas pantarlih beserta jajaran yang boleh datang langsung melakukan pemutakhiran data.

“Saya memberikan apresiasi karena proses pendataan pemilih sudah lebih baik dengan sistem yang ada sekarang ini. Saya kira data pemilih itu benar-benar sangat akurat dan tidak ada tumpang tindih,” ucapnya.

Senada dengan Gubernur Olly, Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos menyampaikan pencoklitan yang dilakukan petugas pantarlih dilaksanakan serentak selama sebulan penuh mulai tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024 mendatang.

“Saya saat ini berkesempatan menyaksikan pencoklitan di rumah dinas gubernur Sulut dan puji syukur Alhamdulillah berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

“Kami menggunakan teknologi E-Coklit sehingga kegiatan coklit semuanya sudah terkirim ke server KPU RI,” sambungnya.