LIPUTAN15.COM,TOMOHON-Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH menghadiri kegiatan Sosialisasi Jaringan Irigasi Pertanian dan sekaligus menyerahan langsung Bantuan Pemerintah Kota Tomohon yang dilaksanakan di Syaloom Convention Center Tumtangtang dan dilanjutkan di Persawahan jalan Kayawu Tara-tara, Senin, (22/7/2024).


Walikota Tomohon mengatakan, salah satu dampak perubahan iklim (Climate Change) yang perlu menjadi perhatian bersama adalah terjadinya musim yang tidak menentu. Yang diperkirakan hujan menjadi kemarau atau sebaliknya, sehingga menyebabkan kelangkaan dan krisis pangan dunia.

Untuk mencegah terjadinya krisis pangan, pemerintah mengambil berbagai langkah strategis dalam rangka menjamin dan meningkatkan ketersediaan stok pangan nasional sehingga ketahanan pangan nasional dapat terjaga. Salah satu cara untuk menjamin ketersediaan pangan adalah dengan cara peningkatan produksi pertanian melalui Program Peningkatan Perluasan Areal Tanam (PAT).

Dalam rangka Perluasan Areal Tanam ini, Kota Tomohon mendapat bantuan pemerintah berupa Pembangunan Irigasi Perpompaan Besar dan Alat dan mesin pertanian.

Untuk bantuan irigasi perpompaan, diberikan bantuan kepada 4 Kelompok Tani yaitu Kelompok Tani Esa Genang Kel. Kayawu, Kelompok Tani Meras Kel. Tara Tara Dua, Kelompok Tani Spongkor Kelurahan Woloan Satu dan Kelompok Tani Esa Genang Kel. Tondangow.

Dalam kegiatan jaringan irigasi ini secara teknis petani yang sangat merasakan dampaknya, karena dalam produksi pertanian sangat membutuhkan pasokan air yang cukup. Kegiatan ini juga bagian dari keterpaduan Pemerintah Kota dan TNI melalui Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur untuk kesejahteraan masyarakat. Kegiatan TMMD ini bentuk operasi bakti yang dilaksanakan bersama sama seluruh komponen masyarakat, TNI dan Pemerintah Daerah.

Selanjutnya juga ada Alat dan Mesin Pertanian, yang diterima berupa 5 (lima) unit Traktor Roda Empat, 4 (empat) unit Hand Traktor dan 4 (empat) unit Mesin Pompa Air yang akan dikelola oleh Brigade Alsintan milik Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon. Brigade Alsintan merupakan pengelola dan pengendali distribusi pemanfaatan Alat dan Mesin Pertanian. Selanjutnya petani dapat memanfaatkan fasilitas alsintan tersebut dengan membuat permohonan ke Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon.

Saat ini juga akan diserahkan bantuan berupa 20 buah Mesin Paras, 31 buah Handsprayer dan 20 unit Pompa Air kepada kelompok tani yang ada di kota Tomohon. Berbagai bantuan yang diberikan merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota Tomohon untuk para petani di Kota Tomohon, dengan harapan akan memberikan dampak bagi peningkatan produksi pertanian dan peningkatan kesejahteraan petani.
Pada kesempatan tersebut Walikota Tomohon membuka Sosialisasi ini secara resmi

Syarat bagi masyarakat atau petani di Kota Tomohon untuk meminjam traktor adalah sebagai berikut: mereka harus mengajukan permohonan kepada penyuluh di kelurahan mereka. Penyuluh kelurahan kemudian akan meneruskan permohonan tersebut ke Brigade Asintan. Brigade Asintan akan menjadwalkan penggunaan traktor sesuai dengan permintaan masyarakat atau petani. Adapun masyarakat atau petani diharapkan menyediakan bahan bakar untuk traktor tersebut.

Dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johnny Runtuwene,DEA, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Dr. Karel F. Lala, SP, M.Si. bersama jajaran Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon dan para petani kota Tomohon.