LIPUTAN15.COM,TONOHON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menghadiri Rapat Evaluasi Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Tahap Pertama serta Laporan Penggunaan Aplikasi E-Coklit untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara pada 2-3 Juli 2024 di Grand Kawanua Novotel Manado.

Rapat dibuka oleh Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara, Awaluddin Umbola, yang didampingi oleh Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara, Lanny Ointu, dan Plh Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Utara, Carles Worotjitjan.

Anggota KPU, Betty Epsilon Idroos, dalam sambutannya mengingatkan bahwa kegiatan Coklit yang dilaksanakan dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024 bertujuan untuk mencocokkan daftar pemilih dengan dokumen kependudukan pemilih yang ditemui serta meneliti kesesuaian data tersebut. “Proses ini sangat penting untuk memastikan keakuratan data pemilih,” tegas Betty.

Untuk mendukung kelancaran proses tersebut, KPU menyediakan aplikasi e-Coklit yang memudahkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam melakukan pendataan. Betty menekankan pentingnya pemahaman yang baik dari Pantarlih, PPS, dan PPK mengenai peraturan dan ketentuan yang ada untuk mendapatkan data yang akurat.

Kegiatan rapat ini juga menghadirkan narasumber dari berbagai instansi. Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh, memberikan materi terkait pengawasan pelaksanaan Coklit. Sementara itu, Mohamad Ilham Agung Setyawan dari Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Utara, serta perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Utara, turut memberikan paparan mereka.

Evaluasi Coklit dipandu langsung oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Provinsi Sulawesi Utara, Lanny Ointu. Dalam sesi ini, masing-masing KPU Kabupaten/Kota memaparkan progres Coklit tahap pertama, kendala yang dihadapi, serta penggunaan aplikasi e-Coklit.

Peserta yang hadir secara langsung dalam rapat ini adalah Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Wakil Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Kepala Sub Bagian Perencanaan, Data, dan Informasi, Admin dan Operator Sidalih, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Data se-Provinsi Sulawesi Utara. Selain itu, PPK, PPS, dan Pantarlih dari seluruh Sulawesi Utara mengikuti kegiatan ini secara daring.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan akurasi pendataan pemilih untuk Pilkada 2024, serta memastikan penggunaan aplikasi e-Coklit berjalan dengan baik di lapangan.