Sangihe, Liputan15.com – Pj. Bupati Kepulauan Sangihe, Albert Huppy Wounde, SH, melaksanakan kunjungan kerja di Pulau Kawaluso dan Pulau Marore, yang terletak di ujung utara NKRI, khususnya di Kecamatan Kepulauan Marore, pada Rabu (17/07/24).

Meskipun cuaca kurang bersahabat, Pj. Bupati bersama rombongan berangkat dari Pelabuhan Nusantara Tahuna menggunakan KM. Sabuk Nusantara 109. Rombongan tiba di Pulau Kawaluso pada pukul 06.00 dan disambut secara adat.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati menyerahkan Bantuan Rawan Pangan kepada masyarakat Kampung Kawaluso. Sekitar pukul 07.00, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Kawio dan kemudian ke Pulau Marore sebagai ibu kota kecamatan.

Dalam tatap muka dengan warga perbatasan, Wounde mengaku sangat bersyukur bisa bertemu langsung dengan masyarakat yang berada di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Filipina.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menerima kunjungan kerja kami walaupun di tengah cuaca yang kurang bersahabat,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung proses pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, terutama di Kecamatan Kepulauan Marore.

“Kita akan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Kiranya masyarakat Kepulauan Marore yang memiliki hak pilih agar dapat menyalurkan hak pilihnya dan mensukseskan semua tahapan hingga pelaksanaan pemilihan nanti,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Wounde menyatakan banyak keinginan untuk membenahi atau membangun Kecamatan Kepulauan Marore, namun yang paling penting saat ini adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya kira apa yang akan kita lakukan ke depan di perbatasan ini tidak akan berjalan lancar jika tidak didukung oleh kualitas SDM yang handal. Apa yang telah didapat di sini akan saya bawa ke pemerintah pusat, karena pemerintah pusat harus hadir di Kecamatan Marore sebagai beranda terdepan bangsa ini,” katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan saat kunjungan kerja meliputi pelaksanaan pangan murah, pemeriksaan kesehatan, dan pemberian vaksin rabies. Bantuan yang diberikan di Kecamatan Kepulauan Marore meliputi:

Bantuan Rawan Pangan
Penyerahan Logistik bagi Keluarga terdampak Banjir
Penyerahan Surat Izin Berusaha
Penyerahan Dokumen Kependudukan
Penyerahan Alat Kesehatan
Pembagian Bendera Merah Putih