Sangihe, Liputan15.com – Dalam upaya mendukung sektor perikanan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) menyerahkan 232 unit cool box kepada Kelompok Usaha Bersama Masyarakat. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Yang dilaksanakan di ruang serba guna rumah Jabatan Bupati, kamis (25/07/24).

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Sangihe mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas Perikanan beserta jajarannya yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini. “Saya mengucapkan selamat kepada Kelompok Usaha yang menerima bantuan, semoga bantuan yang diserahkan saat ini akan benar-benar bermanfaat bagi para Kelompok Usaha,” ujar Bupati.

Bupati menegaskan bahwa perkembangan sektor perikanan menjadi salah satu andalan di Kabupaten Kepulauan Sangihe. “Sebagai daerah maritim, kekayaan laut Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe tidak diragukan lagi. Kualitas ikan juga termasuk dalam standar yang layak diekspor dan mendapat tempat di pasaran mancanegara,” tambahnya.

Ia juga menyoroti pentingnya kerjasama antara nelayan, pengusaha perikanan, dan pemerintah dalam mendukung keberhasilan ekspor hasil perikanan. “Rencananya, ke depan kita akan melaksanakan kerjasama tiga daerah, yakni Sangihe, Sitaro, dan Talaud. Salah satunya yang bisa diangkat adalah kerjasama untuk potensi perikanan,” jelas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan harapannya agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah dapat memotivasi masyarakat, khususnya kaum nelayan, untuk semakin mengembangkan usaha kelompok masing-masing. “Dengan begitu, kebutuhan pasar dapat terpenuhi dan para nelayan pun dapat menikmati hasil usaha serta mengalami peningkatan ekonomi masyarakat,” tutupnya.