LIPUTAN15.COM – Walikota Manado Andrei Angouw membuka kegiatan Pertemuan Advokasi Sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Bersama Jaring Lintas Sektor di Kota Manado.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kota Manado tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Puri Manado, Selasa (16/7/2024) pagi.

Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan yamg disampaikan oleh Plh. Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado Bobby Kereh. Dalam laporannya dikatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menunjang program nasional Pekan Imunisasi Nasional Polio di Kota Manado, Sulawesi Utara yang direncanakan akan serentak bersama 26 provinsi pada 23 Juli 2024.

“Diharapkan dari kegiatan, ini yang pertama stakeholder atau instansi terkait memiliki paradigma bersama bahwa PIN Polio merupakan program nasional untuk melindungi anak-anak di kota manado dari penyakit polio yang tidak dapat disembuhkan namun dapat dicegah dengan imunisasi sehingga membutuhkan komitmen bersama. Kedua setiap steel holder memiliki peran bersama dalam mengedukasi masyarakat sesuai jejaring masing-masin. Dan ketiga semua stakeholder terutama unsur pemerintah di wilayah berupaya memastikan semua anak usia 0 sampai 7 tahun di wilayahnya mendapatkan imunisasi tambahan tetes polio melalui program nasional pin polio,” tuturnya.

Walikota Manado Andrei Angouw dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut mengatakan, tugas pemerintah adalah membangun dan menjaga kesinambungan pembangunan bangsa, untuk itu kesehatan adalah hal yang sangat penting.

“Sebagai pemerintah kita harus memastikan masyarakat kita itu sehat, jadi kita harus memastikan polio ini harus secepatnya kita musnahkan. Jadi saya berharap support kita semua, kerja bersama kita semua,” harapnya.

Menurut Walikota, data warga kota Manado yang dimiliki oleh Pemerintah sudah lengkap by name by address, olehnya hal itu akan memudahkan Satgas PIN Polio untuk mencari anak yang berusia 0 – 7 tahun untuk dilakukan imunisasi.

“Sekali lagi saya mengapresiasi kegiatan ini dan saya berharap kita bisa segera bekerja dan secepatnya kita bisa memvaksin semua anak 0 – 7 tahun di kota manado,” pungkas Angouw.

Turut hadir perwakilan dari Dinas kesehatan Provinsi sulut serta Jajaran Perangkat Daerah Pemkot Manado seperti Dinas Pendidikan dan kebudayaan, DP3A, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Kementrian Agama, BKSAUA, MUI, Dokes Polda Sulut serta para Camat.