Liputan15.com,Minsel-Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pemerintah Kabupaten MInahasa Selatan melaksanakan serangkaian kegiatan yang digelar pada Agustus 2024.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Selatan berlangsung dengan penuh khidmat dan semangat kebangsaan, dengan mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Tema ini sebagai simbol semangat untuk mendorong kemajuan dan keberlanjutan bangsa.

Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi dan Ucapan terima Kasih baik Panitia dan juga seluruh pihak yang telah berperan aktif agar Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan kiranya lewat Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 dapat menjadi momentum untuk menanamkan nilai-nilai dan semangat juang agar cita-cita Indonesia Emas dapat terwujud.

Rangkaian Kegiatan HUT RI Ke-79 Republik Indonesia dimulai Dengan Berlokasi di Ruang Terbuka Publik (RTP) Amurang
Pada Jumat, 2 Agustus 2024 Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., Membuka Rangkaian Kegiatan dalam rangka Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2024 dan Pembukaan tersebut ditandai dengan Jalan Sehat dari RTP Amurang ke Kantor Bupati Minahasa Selatan, dilanjutkan dengan Senam Jantung Sehat dan berbagai lomba olahraga. Selanjutnya Rabu, 14 Agustus 2024 Dilaksanakan Lomba Gerak Jalan Antar SD dan SMP Se-Kabupaten Minahasa Selatan.

Rangkaian Kegiatan berlanjut dengan pelaksanaan Kegiatan Lomba Masakan Menu Tradisional yang diikuti oleh Perangkat Daerah dan Kecamatan bertempat di Hotel Sutanraja Amurang Pada Kamis, 15 Agustus 2024. Dan Pada Kamis, 15 Agustus 2024 Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., Pada Mengukuhkan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2024, bertempat di Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan.

Berlanjut Pada Jumat, 16 Agustus 2024 yaitu pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Selatan dengan agenda Mendengarkan Pidato Presiden RI Bpk. Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI dan Siang Bersama DPR RI Dengan DPD RI Tahun 2024. Kemudian dilanjutkan masih pada hari yang sama Jumat, 16 Agustus 2024 dilaksanakan Lomba The Idol dalam rangka Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2024, bertempat di Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan. Kemudiam Pelaksanaan Upacara Taptu dalam rangka Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2024, bertempat di Mapolres Minahasa Selatan pada Jumat, 16 Agustus 2024 dilanjutkan dengan Upacara Apel Kehomatan dan Renungan Suci dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Taman Makam Pahlawan Amurang Pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Selanjutnya Rangkaian Kegiatan berlanjut dengan Upacara Penyerahan Remisi Umum dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024, bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Amurang Pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Dan Pada Sabtu, 17 Agustus 2024 Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., Bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Lapangan Upacara Kantor Bupati Minahasa Selatan. Selanjutnya dihari yang sama Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., Bersama Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan dan Pimpinan Instansi Vertikal, mengikuti secara daring Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 tingkat nasional yang diselenggarakan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Merdeka Jakarta, bertempat di Kantor Bupati Minahasa Selatan.

Rangkaian Kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Penurunan Sang Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Lapangan Upacara Kantor Bupati Minahasa Selatan. Dan juga kegiatan Toast Kenegaraan dalam rangka Rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan. Selanjutnya Kegiatan yang tak kalah meriahnya Pelaksanaan Pawai Pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Kantor DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Pada Senin, 19 Agustus 2024.