LIPUTAN15.COM,MANADO-Perhatian Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Prof DR (HC) Olly Dondokambey dalam melindungi masyarakat Sulut lewat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dapat apresiasi.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Mintje Wattu memuji Gubernur Olly sebagai tokoh penggagas dalam perlindungan masyarakat pekerja rentan, untuk perlindungan masyarakat yang tidak mampu maupun tokoh-tokoh agama melalui jaminan sosial ketenagakerjaan lewat Program PERKASA (Perlindungan Bagi Pekerja Sosial Keagamaan), Program Sopir, Program PESONA (bagi petani dan buruh tani), perangkat desa dan pekerja rentan.

“Apa yang bapak Gubernur letakkan ini harus diteruskan siapapun nantinya yang akan memimpin, pondasi yang bapak letakkan sudah sangat kuat,” ungkap Wattu dalam acara Paritrana Award 2023 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (18/9/2024) di Novotel Hotel Manado.

Dia mengatakan, jaminan sosial ketenagakerjaan adalah hak dasar dan fundamental bagi masyarakat yang meliputi jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, jaminan pensiun dan jaminan kehilangan pekerjaan.

Sementara itu, Gubernur Olly  menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Sulut untuk terus mendukung program perlindungan jaminan kesehatan. Mulai dari pekerja rentan, pekerja sosial keagamaan dan tenaga kerja di Sulawesi Utara.

Pemprov Sulut yang sudah 6 tahun berturut-turut meraih Paritrana Award. Menurut Gubernur ini juga berkat dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Sinergitas pemerintah sangat perlu kita lakukan di dalam melaksanakan tugas tanggung jawab untuk melayani masyarakat. Mudah-mudahan ini berkelanjutan terus di masa-masa tahun-tahun ke depan,” ucapnya.

Gubernur juga mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan yang turut membantu masyarakat Sulawesi Utara pada masa pandemi covid-19 silam.

Lanjutnya, sosialisasi program jaminan sosial Ketenagakerjaan perlu ditingkatkan. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

Dia mendorong inovasi dan investasi dalam layanan BPJS sehingga akses dan kualitas pelayanan dapat terus meningkat

Tentunya dengan ditopang sinergitas bersama Pemerintah, sektor swasta dan masyarakat dalam mendukung program-program jaminan sosial yang berkelanjutan.

Selain itu juga meningkatkan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi program jaminan sosial di setiap Kabupaten/Kota agar pelaksanaannya berjalan dengan efektif dan sesuai target.

“Saya yakin dengan langkah-langkah ini kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sejahtera bagi seluruh tenaga kerja yang ada di provinsi Sulawesi Utara,” ungkap Gubernur.

Pada kesempatan ini Gubernur Olly didampingi Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Mintje Wattu, dan Sekdaprov Sulut, Steve Kepel, menyerahkan penghargaan Paritrana Award kepada pihak-pihak yang mendukung program perlindungan jaminan sosial. Mulai dari swasta, Badan Usaha hingga Pemerintah Daerah dan Desa.

Olly Dondokambey juga menyerahkan secara simbolis santunan kecelakaan kerja kepada ahli waris.