LIPUTAN15.COM,MANADO- Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw hadir dala rapat koordinasi Pemerintah Kota Manado yang digelar di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Jumat (13/9/2024).

Hadir Walikota Manado, Andrei Angouw, Wakil Walikota, dr Richard Sualang, Ketua Bawaslu Kota Manado, Briliant Maengko SE ME, Sekretaris Daerah Dr Micler Lakat SH MH, pejabat di lingkungan Pemkot Manado, pejabat BUMD, hingga Ketua Lingkungan (Pala).

Mengawali sambutannya Wagub menyampaikan sebagaimana catatan Pemprov Sulut dari berbagai parameter baik indeks pembangunan manusia, indeks pembangunan pendidikan, indeks pembangunan kesehatan, Sulawesi Utara termasuk Provinsi yang semuanya berada di atas rata-rata.

Menurutnya, dari 15 Kabupaten/Kota, ada yang belum pada posisi yang baik, tapi ada juga yang memberikan sumbangan positif dan menutup kekurangan daerah lain. Dan salah satu daerah yang memberi kontirubusi positif peningkatan indeks-indeks tersebut yakni Kota Manado.

“Atas nama Bapak Gubernur, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan rakyat Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih kepada pak Walikota dan Wakil Walikota dan anda-anda sekalian ini,” ungkapnya.

Wagub juga menganalogi kapal induk yang digerakkan banyak orang, dan semua kru menjalankan tugas sesuai panduan dan tupoksi yang jelas. Hal itu juga yang perlu dilakukan segenap jajaran Pemerintah Kota Manado mulai dari Walikota dan Wakil Walikota sampai kepada para Ketua Lingkungan (Pala).

Steven Kandouw juga mengapresiasi jajaran Pemkot Manado dimana Kota Manado menyumbang 30 persen PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Sulawesi Utara. PDRB merupakan indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi suatu daerah dalam periode tertentu.

“Selama tiga tahun berjalan ini sumbangan PDRB dari Kabupaten/Kota, Kota Manado yang sangat besar. Ini menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi harus ikut menjaga ini,” ungkapnya.

Meski Kota Manado menjadi role model tapi tetap tak lepas dari sorotan. Dia menyinggung banyaknya toxic people, yang tidak senang melihat keberhasilan dan kemajuan orang lain. Wagub berpesan capaian yang sudah baik ini perlu dijaga.

“Jaga kekompakan, bekerjalah dengan passion, bekerja dengan hati,” pungkasnya.