LIPUTAN15.COM,TOMOHON-Walikota Tomohon yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Tomohon drg.Jeand’Arc Senduk- Karundeng menghadiri kegiatan Lomba Cipta Menu dengan sub kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Pangan Lokal, di Anugerah Hall Tomohon, Selasa, (10/9/2024).

Sambutan Walikota Tomohon yang dibacakan oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Setda.
Dia mengatakan, kegiatan lomba cipta menu tingkat kota Tomohon tahun 2024 ini, merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemerintah Kota Tomohon untuk terus berpihak dalam pengembangan usaha pangan masyarakat Kota Tomohon pada umumnya.

Hal ini sesuai dengan Amanat Undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan yang telah menekankan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhan pangan merupakan hak asasi setiap masyarakat. Untuk itu Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya dalam mewujudkan kemandirian pangan dan ketahanan pangan,dengan terus melakukan inovasi demi perkembangan kuliner Pangan lokal di Kota Tomohon.

Kreativitas dalam menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dapat menjadi menjadi issue strategis karena terkait erat dengan minat konsumsi masyarakat dan berkembangnya sektor ekonomi, dimana makanan merupakan salah satu aspek penting yang menentukanan kualitas sumber daya manusia.

Dari sisi kesehatan mengkonsumsi pangan yang sehat dan aman juga menjadi aspek yang tidak dapat diabaikan. karena tersedianya menu makanan bukan hanya dilihat dari rasa dan tampilannya, namun juga dari keamanan dalam penggunaan bahan dasar dan penanganan pangan pada proses pengolahan pangan sampai dengan penyajian yang bebas dari cemaran fisik, kimia dan biologi, sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat. dan ini dapat menjadi catatan bagi tim juri dalam melaksanakan penilaian nanti. sehingga bagi peserta yang menjadi pemenang nantinya, akan lebih unggul dan tidak akan kalah bersaing dengan menu biasa dan cemilan kreatif dari daerah lainnya.

“Kiranya, melalui lomba ini diharapkan dapat mendorong pelestarian jenis cemilan lokal yang ada di Kota Tomohon dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam daerah seperti jagung, ubi, kentang dan lain-lain yang tersebar di seluruh kecamatan dan diolah menjadi bahan pangan yang mengandung berbagai nutrisi dan nilai gizi yang tinggi mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi menu pangan lokal,” katanya.

Mακα diharapkan kepada tim penggerak PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan serta organisasi wanita yang ada untuk dapat memasyarakatkan betapa pentingnya memanfaatkan hasil sumber daya alam di Daerah kita ini. Pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi yang potensinya cukup besar perlu terus digalakkan dan dioptimalkan.

“Kami juga mengharapkan kepada seluruh kepala perangkat daerah, para Camat dan Lurah dan pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan agar senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk tetap menjamin Kemantapan ketahanan pangan, baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi dan keamanan pangan di Kota Tomohon,” harapnya.

Dia meminta kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik- baiknya, kerahkaan dan kembangkan semua potensi serta prioritaskan sportivitas dalam berlomba

Pada kesempatan tersebut drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng mewakili Walikota Tomohon membuka kegiatan lomba cipta menu secara resmi.

Hadir: Sekretaris Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon dr. Maria Sugiarto M Kes bersama jajaran, para Juri Lomba Cipta Menu, Lurah se-kota Tomohon, TP-PKK Kelurahan se-Tomohon dan para peserta Lomba Cipta Menu.