LIPUTAN15.COM,TOMOHON– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon mengadakan sosialisasi terkait penyelenggaraan Pilkada 2024, dengan fokus pada fasilitasi akses bagi penyandang disabilitas.

Kegiatan ini dihadiri oleh penyandang disabilitas, guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Tomohon, insan pers, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Rojer Rafael Datu, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, sekaligus Wakil Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tomohon, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa setiap warga, termasuk penyandang disabilitas, dapat berpartisipasi penuh dalam Pilkada.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat, tanpa terkecuali, memiliki akses yang sama untuk menggunakan hak pilihnya. Fasilitasi khusus bagi penyandang disabilitas ini merupakan langkah konkret agar Pilkada 2024 berjalan inklusif,” jelas Rojer.

Dalam sosialisasi tersebut, peserta diberikan pemahaman mengenai mekanisme Pilkada yang ramah disabilitas, sehingga memudahkan penyandang disabilitas dalam menggunakan hak suara mereka pada hari pemungutan suara.