LIPUTAN15.COM,TOMOHON- Wali Kota Tomohon, Caroll J.A. Senduk, SH, yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Drs. Lily Solang, MM, menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait pembahasan laporan akhir rencana induk daya tarik wisata Air Terjun Tekaan Telu. Acara ini dilangsungkan di Hotel Villa Emitta, Tomohon, pada Rabu (12/09/2024).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Wali Kota Tomohon menekankan apresiasi terhadap penyelenggaraan FGD ini sebagai langkah strategis dalam pengembangan pariwisata di Kota Tomohon. Daya tarik wisata Air Terjun Tekaan Telu dinilai sebagai salah satu destinasi unggulan yang memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan, terutama dengan lokasi strategisnya di gerbang masuk Kota Tomohon, pemandangan alam yang indah, serta jalur trekking yang menawan.

Beliau juga menyoroti pentingnya dukungan regulasi, termasuk Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 yang menetapkan Tomohon sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2024 yang memasukkan Tomohon dalam rencana induk destinasi pariwisata nasional Manado-Likupang. Hal ini semakin diperkuat oleh visi Kota Tomohon 2021-2026 yang menargetkan Tomohon sebagai kota wisata dunia yang maju, berdaya saing, dan sejahtera.

Pemerintah Kota Tomohon juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemenparekraf/Baparekraf atas dukungan yang diberikan, serta kepada tim ahli dari Universitas Sam Ratulangi dan Universitas De La Salle Manado yang terlibat dalam penyusunan masterplan daya tarik wisata Air Terjun Tekaan Telu. Melalui FGD ini, diharapkan akan tercipta rencana induk yang bermanfaat bagi pengembangan pariwisata berkelanjutan di Sulawesi Utara dan Kota Tomohon secara khusus.

Hadir dalam acara ini Direktur Pengembangan Destinasi II, Bpk. Bambang Cahyo Murdoko; Asisten Deputi Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Bpk. Edi Susilo; Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Bpk. Doli Korengkeng; Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon, Bpk. Yudhistira Siwu, SE, M.Si; serta tim ahli dari Universitas Sam Ratulangi dan Unika De La Salle Manado. Acara ini juga diikuti secara daring oleh perwakilan Direktur Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif BAPPENAS, Bpk. Muhammad Abdurrachman Rafi.

Dengan memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, FGD ini resmi dibuka untuk melanjutkan pengembangan destinasi wisata unggulan di Kota Tomohon. Tuhan memberkati kita semua.