LIPUTAN15.COM, BOLMUT – Perangati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 hari santri Pengadilan Agama Boroko bersama Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melaksanakan kegiatan sosial.

Kegiatan sosial itu berupa aksi donor darah yang dilaksanakan di kantor Pengadilan Agama Boroko, Selasa (22/10/2024).

Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat setempat, serta dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk santri, GP Ansor, pegawai Pengadilan Agama Boroko, Muslimat NU, Fatayat NU, IPNU dan IPPNU Bolmut.  

Kegiatan tersebut mengusung tema “Bersama Kita Kuat, Bersatu Kita Hebat, Lembaga Peradilan Bermartabat”, 

aksi donor darah ini menjadi bagian dari rangkaian acara perayaan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Ketua Pengadilan Agama Boroko, Indah Abbas dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi. 

Ia pun mengungkapkan bahwa aksi donor darah ini adalah wujud nyata kepedulian terhadap sesama sekaligus menjadi bagian dari komitmen Pengadilan Agama Boroko untuk berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. 

“Kami ingin perayaan ulang tahun Pengadilan Agama tidak hanya menjadi momen refleksi bagi kami sebagai institusi, tetapi juga memberi manfaat langsung kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Bolmut, melalui Sekretaris Kamil Buhohang, mengatakan dimomen Hari Santri Nasional dengan tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” menekankan pentingnya kolaborasi antar-lembaga dan organisasi masyarakat untuk tujuan kemanusiaan. 

“Donor darah adalah salah satu bentuk kepedulian yang sangat berarti. Setetes darah yang kita sumbangkan dapat menyelamatkan nyawa. Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tahunan yang mempererat hubungan antara GP Ansor dengan instansi lain, khususnya dalam hal kegiatan sosial,” tuturnya.

Acara donor darah ini dilaksanakan dengan dukungan penuh dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kotamobagu, yang menyiapkan peralatan medis dan tenaga kesehatan untuk memastikan kelancaran serta keamanan bagi para pendonor. Banyak peserta yang dengan antusias mengikuti aksi sosial ini, dan hingga siang hari, puluhan kantong darah berhasil dikumpulkan.

Dengan semangat Hari Santri dan ulang tahun Pengadilan Agama Boroko, kegiatan ini diharapkan dapat terus mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama.

“Kita berharap kolaborasi ini tidak berhenti di sini, tetapi akan terus berlanjut di masa yang akan datang dengan kegiatan-kegiatan yang lebih besar dan bermanfaat,” tutup Kamil.

***