LIPUTAN15.COM,TOMOHON-Penjabat Sementara (Pjs.) Wali Kota Tomohon, Ir. Fereydi Kaligis, MAP, menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79 yang diselenggarakan di Kawasan Pohon Kasih, Megamas, Manado, pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Acara ini dihadiri berbagai tokoh penting, termasuk Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kepala Staf Kodam XIII/Merdeka, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Peringatan HUT TNI tahun ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”. Dalam amanat yang dibacakan oleh Jenderal TNI Agus Subiyanto, Panglima TNI menekankan pentingnya kesiapan prajurit dalam menghadapi situasi nasional menjelang pelantikan Presiden terpilih. Setiap prajurit diminta untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang berpotensi memecah belah soliditas TNI dan merusak sinergitas dengan Polri serta instansi lainnya.

Panglima TNI juga mengingatkan para prajurit untuk menjaga persatuan, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. TNI diharapkan menjadi perekat bangsa dan tetap menjaga semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Acara dilanjutkan dengan berbagai atraksi memukau dari prajurit TNI, termasuk atraksi paramotor, demonstrasi baris-berbaris oleh pemenang lomba tingkat SMP dan SMA, serta pertunjukan seni bela diri taktis oleh prajurit dan Wanita TNI.

Pjs. Wali Kota Tomohon, Ir. Fereydi Kaligis, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia ke-79. Semoga TNI selalu menjadi tentara yang tangguh, profesional, dan senantiasa menjalankan tugas-tugasnya dengan baik untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Acara peringatan HUT TNI ke-79 ini diakhiri dengan defile pasukan dan parade alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI yang semakin memperkuat semangat kebanggaan nasional.